Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Pembelajaran IPS SD
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.833Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterampilan komunikasi siswa. Namun, keterampilan komunikasi siswa pada kenyataannya masih rendah. Oleh karena itu, pembelajaran model kooperatif tipe STAD diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Masalah yang diteliti yaitu pengaruh keterampilan komunikasi pada pembelajaran IPS ditinjau secara keseluruhan. Hal tersebut diteliti pada siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan eksperimen kuasi yang menggunakan desain kelompok kontrol nonekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kota Bandung. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol dengan pembelajaran model kooperatif tipe NHT pada materi mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil Analisis penelitian ini menunjukkan bahwa : terdapat pengaruh keterampilan komunikasi siswa yang memperoleh pembelajaran model kooperatif tipe STAD dan lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model kooperatif tipe NHTReferences
Dainuri, M.N. (2009). Penerapan Metode Kerja Kelompok Teknik Kepala Bernomor Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Skripsi PGSD FIP UPI Bandung. Tidak diterbitkan.
Furqon. (2005). Konsep dan Aplikasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.
Glomo, D.T., & Narzoles. (2015). Student Team Achievement Division (STAD):Its Effect on The Academic Performance of EFL Learners. American Research Journal of English and Literature Original Article ISSN 2378-9026 Volume 1, Issue 4, Aug-2015
Markovic, J. & Axmann, M. (2007). Interpersonal And Communication Skills†In Vocational Education Teacher Training. Journal Ministry of Education and Sports Republic of Serbia Vocational Education and Training Reform Programme
Maryani, E. (2011). Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatan Keterampilan Sosial. Bandung : Alfabeta
Nofiawaty. (2008). Hubungan Antara Faktor Penduduk Setempat Terhadap Kecenderungan Preferensinya. Jurnal Pendidikan Ekonomi
Putra, C.P. (2015). Komunikasi Verbal dan Nonverbal dalam Permainan Airsoft. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret
Razavi, S.A., at all. (2012). The Effect of Cooperative Learning Strategy of Student Teams Achievement Divisions (STAD) on Developing Oral Communication Skills of Iranian EFL Learners. The Iranian EFL Journal October 2012 Volume 8 Issue 5 ISSN On-line: 1836-8751 ISSN Print: 1836-8743
Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media