Efektivitas Media Virtual Piano Terhadap Pemahaman Mahasiswa PGSD Pada Teori Dasar Piano

Rudi Akmal, Nurul Fatonah

Abstrak


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas media virtual piano terhadap pemahaman mahasiswa PGSD pada materi tangga nada. Dalam penelitian ini, kami menggunakan kelompok eksperimen  dengan metode desain pretest-posttest. Penelitian ini tidak menggunakan kelas perbandingan, tetapi menggunakan tes awal untuk memastikan efektivitas media piano virtual dapat ditentukan. Pada penelitian ini subjek terlebih dahulu dilakukan pre-test untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa sebelum disuguhi media virtual piano. Subjek pada penelitian ini sebanyak 35 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan instrumen tes. metode analisis data dengan menggunakan uji parametik peningkatan N-gain dan Paired Samples Test. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretes dengan skor postes setelah perlakuan dengan nilai sign 2-tailed 0,000 ≤ 0,05. Kemudian terdapat peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman teori dasar piano mahasiswa yang menggunakan pembelajaran dengan media virtual daripada pembelajaran langsung. terlihat bahwa pembelajaran dengan Media Virtual piano memberikan peningkatan yang signifikan dengan rataan N-gain sebesar 0,72 dan masuk pada kategori tinggi.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (n.d.). PENERAPAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Jurnal Kimia Dan Pendidikan) e-ISSN, 2502, 4787.

Krishnan, P. (2021). A review of the non-equivalent control group post-test-only design. Nurse Researcher, 29(2).

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).

Leonard, L. (2017). EduResearch-Raise The Standard.

Rasjid, M., Sengkey, R., & Karouw, S. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Alat Musik Kolintang menggunakan Augmented Reality berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 7(1).

Siswanto, B. T. (n.d.). PERUMUSAN TUJUAN PEMBELAJARAN.

Surahman, E. (2019). Integrated mobile learning system (imoles) sebagai upaya mewujudkan masyarakat pebelajar unggul era digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56.

Winata, D. A. (2015). Pembelajaran Piano Klasik untuk Siswa Tingkat Dasar di Maestro Music School Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Wiraguna, J., Trisnadoli, A., & Dewi, M. (2014). Virtual Alat Musik Keyboard 3D. Proceeding Applied Business and Engineering Conference, 87–92.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i1.2419

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.