Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Penulis

  • Rudi Akmal UNIVERSITAS GARUT
  • Irfan Hilman

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpu.v15i1.3127

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas 7-7 Madrasah Tsanawiyah Sirnamiskin sebelum menggunakan model pembelajaran Example Non Example, (2) mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas 7-7 Madrasah Tsanawiyah Sirnamiskin dengan menggunakan model Example Non Example, (3) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas 7-7 Madrasah Tsanawiyah Sirnamiskin dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa hasil belajar belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas 7-7 Madrasah Tsanawiyah Sirnamiskin sebelum menggunakan model pembelajaran Example Non Example masih jauh dari harapan, hal ini dapat dilihat dari nilai individu maupun nilai rata-rata peserta didik masih jauh dari nilai standar kelulusan. Penerapan model pembelajaran Example Non Example dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas 7-7 Madrasah Tsanawiyah Sirnamiskin dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, dimana peserta didik sudah mulai berani mengemukakan pendapat dan berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas 7-7 Madrasah Tsanawiyah Sirnamiskin dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example telah memberi hasil yang positif terhadap peningkatan hasil belajar, hal ini terbukti dari adanya peningkatan hasil belajar dalam setiap siklusnya.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Rohani. 1993. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Asikin, Moh. 2009. Cara Cepat & Cerdas Menguasai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru. Semarang: Manunggal Karso.

Aunurahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Budiningsih, Asri. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdikbud. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Kurikulum dan Silabus Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno. 1990. Metodologi Research Jilid II. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Johnson DW & Johnson, R, T. 1991. Learning Together and Alone. Allin and Bacon: Massa Chussetts.

Kusnandar. 2008. Langkah Mudah PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Moleong, J. Lexy. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Risda Karya.

Mulyono, Anton M. 2000. Kamus Besar Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Rahmat, dkk. 2008. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Senjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prima.

Sudjana, Nana. 1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukardi. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Usman, Moh. Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2021-06-07

Cara Mengutip

Akmal, R., & Hilman, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 453–461. https://doi.org/10.52434/jpu.v15i1.3127

Terbitan

Bagian

Jurnal Pendidikan UNIGA

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama