Teknik Pembelajaran Guru Dalam Penerapan Karakter Di Masa Pandemi COVID-19 Pada Peserta Didik Kelas III C MI Fathul Iman Palangka Raya

Penulis

  • Rada Rahmawati Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
  • Muhammad Iksan Affandi Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
  • Nenden Munawaroh Universitas Garut
  • Rudi Akmal

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpu.v16i2.1818

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter di MI Fathul Iman, (2) mengetahui bagaimana strategi dan teknik yang dilakukan guru dalam menanamkan pendidikan karakter di MI Fathul Iman. Metode penelitian yang kami gunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi agar dapat mengamati secara langsung kegiatan pembelajaran selama masa pandemi di MI Fathul Iman. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa penerapan karakter di MI Fathul Iman sudah terencana dengan baik dan peserta didiknya juga mempunyai karakter yang baik. Di masa pandemi ini kegiatan pembelajaran jauh lebih singkat dari biasanya dan dalam waktu terbatas guru harus mampu memberikan materi agar dapat mencapai tujuan dan tetap berusah menanamkan karakter yang dimunculkan dalam kebiasaan-kebiasaan kecil peserta didiknya.

 

Kata kunci: Karakter, Pandemi, Teknik

Referensi

Azzahra, H. A. (2016). Hambatan Pembelajaran Daring Dalam Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.

Judiani, S. (2010). 519-1760-1-Pb. 16(April).

Pramudibyanto, H., Khasanah, D. R. A. U., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10 (1), 41–48.

Moha, I., & sudrajat, D. (2019). Resume Ragam Penelitian Kualitatif. https://doi.org/10.31227/osf.io/wtncz

Mohammad Nasrullah, H. Y., Wakila, Y. F., & Fatonah, N. (2021). Peneguhan Karakter Islam Peserta Didik Melalui Rukun Iman Dengan Metode 3p (Pemahaman Pengamalan Pembiasaan). Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(2), 484. https://doi.org/10.52434/jp.v15i2.1394

Rafsanjani, A. I. (2019). No Titיליle. Kebijakan Pendidikan Di Era New Normal, 1–9.

Rusmana, A. O. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Di Sd. Jurnal Eduscience, 4(2), 74–80.

Aulia Azzahra, Hanum. (2020). Hambatan Pembelajaran Daring Dalam Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan terbuka dan Jarak Jauh, (21), 1, 33-38.

Wahyu, Aji Fatma Dewi. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan , Vol 2, No 1, 55-61.

Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 7–8. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Suriadi, Harri Jumarto, Firman, Ahmad & Firman, Riska. Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. (2021).

File Tambahan

Diterbitkan

2022-11-22

Cara Mengutip

Rahmawati, R., Iksan Affandi, M., Munawaroh, N., & Akmal, R. (2022). Teknik Pembelajaran Guru Dalam Penerapan Karakter Di Masa Pandemi COVID-19 Pada Peserta Didik Kelas III C MI Fathul Iman Palangka Raya. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(2), 614–622. https://doi.org/10.52434/jpu.v16i2.1818

Terbitan

Bagian

Jurnal Pendidikan UNIGA

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama