Teknik Pembelajaran Guru Dalam Penerapan Karakter Di Masa Pandemi COVID-19 Pada Peserta Didik Kelas III C MI Fathul Iman Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpu.v16i2.1818Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter di MI Fathul Iman, (2) mengetahui bagaimana strategi dan teknik yang dilakukan guru dalam menanamkan pendidikan karakter di MI Fathul Iman. Metode penelitian yang kami gunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi agar dapat mengamati secara langsung kegiatan pembelajaran selama masa pandemi di MI Fathul Iman. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa penerapan karakter di MI Fathul Iman sudah terencana dengan baik dan peserta didiknya juga mempunyai karakter yang baik. Di masa pandemi ini kegiatan pembelajaran jauh lebih singkat dari biasanya dan dalam waktu terbatas guru harus mampu memberikan materi agar dapat mencapai tujuan dan tetap berusah menanamkan karakter yang dimunculkan dalam kebiasaan-kebiasaan kecil peserta didiknya.
Â
Kata kunci: Karakter, Pandemi, Teknik
Referensi
Azzahra, H. A. (2016). Hambatan Pembelajaran Daring Dalam Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.
Judiani, S. (2010). 519-1760-1-Pb. 16(April).
Pramudibyanto, H., Khasanah, D. R. A. U., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10 (1), 41–48.
Moha, I., & sudrajat, D. (2019). Resume Ragam Penelitian Kualitatif. https://doi.org/10.31227/osf.io/wtncz
Mohammad Nasrullah, H. Y., Wakila, Y. F., & Fatonah, N. (2021). Peneguhan Karakter Islam Peserta Didik Melalui Rukun Iman Dengan Metode 3p (Pemahaman Pengamalan Pembiasaan). Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(2), 484. https://doi.org/10.52434/jp.v15i2.1394
Rafsanjani, A. I. (2019). No Titיליle. Kebijakan Pendidikan Di Era New Normal, 1–9.
Rusmana, A. O. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Di Sd. Jurnal Eduscience, 4(2), 74–80.
Aulia Azzahra, Hanum. (2020). Hambatan Pembelajaran Daring Dalam Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan terbuka dan Jarak Jauh, (21), 1, 33-38.
Wahyu, Aji Fatma Dewi. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan , Vol 2, No 1, 55-61.
Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 7–8. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Suriadi, Harri Jumarto, Firman, Ahmad & Firman, Riska. Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. (2021).