Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Siswa Melalui Metode Bernyanyi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v16i1.1814Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan daya ingat siswa dalam pembelajaran SKI melalui metode bernyanyi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen pre-experimental one grup pretest-posttes. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda. Teknis analisis data dilakukan melalui uji homogenitas, normalitas dan uji t, sehingga dihasilkan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum di tretament nilai pretest sebesar 44, dan setelah mendapatkan perlakuan, nilai posttest sebesar 84. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 39,30 > 2,67 dapat disimpulkan bahwa nilai postes lebih baik dari nilai pretest artinya kemampuan daya ingat siswa meningkat 71% dengan interpretasi tinggi. Hal itu membuktikan bahwa metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan daya ingat siswa, melalui lagu gembira dapat membantu meningkatkan daya ingat anak dan memiliki manfaat sebagai sarana relaksasi dalam menetralisasi denyut jantung dan gelombang otak, menumbuhkan minat dan zmenguatkan zdaya ztarik zpembelajaran, menciptakan zproses zpembelajaran zlebih zhumanis zdan zmenyenangkan, sebagai zjembatan zdalam zmengingat zmateri zpembelajaran, membangun zretensi zdan zmenyentuh zemosi zdan zrasa zestetika zsiswa, proses zinternalisasi znilai zyang zterdapat zpada zmateri zpembelajaran, dan mendorong zmotivasi zbelajar zsiswa.
Referensi
Ahmadi, A. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Anisah, A. S. (2015). Gangguan prilaku pada anak dan implikasinya terhadap perkembangan anak usia sekolah dasar ani siti anisah. Pendidikan Dasar, 1(2), 1–16. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/download/689/542
Anisah, A. S. (2017). Pendekatan Pembelajaran Analisis Nilai untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Kepedulian Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 1–8. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/82
Blashill, M. M. (2016). Academic Stress and Working Memory in Elementary School Students. ProQuest Dissertations and Theses, 144.
González-Treviño, I. M., Núñez-Rocha, G. M., Valencia-Hernández, J. M., & Arrona-Palacios, A. (2020). Assessment of multiple intelligences in elementary school students in Mexico: An exploratory study. Heliyon, 6(4). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03777
Hsu, T. Y., Lin, F. L., Chang, C. L., & Peng, H. Te. (2013). Impact of different course contents on working memory of elementary school students. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 8019 LNAI(PART 1), 316–324. https://doi.org/10.1007/978-3-642-39360-0_35
Nilawati, N., Afifullah, M., & Mustafida, F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak Pada Mata Pelajaran SKI di Kelas III MI Raudhatul Ulum Karangploso. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyyah. Volume 1 No 3, 54-58.
Nurlani, S. (2019). Penerapan media Gambar Animasi Untuk Meningatkan hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI (Skripsi) . Garut: Program Studi PGMI Universitas Garut.
Oktavia, N. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi tentang Nabi Muhammad SAW Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran SKI di MTs Negeri I Sidoarjo. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Prasetyo, W., & Saputra, S. A. (2016). Pengaruh Senam Otak Terhadap Daya Ingat Anak Kelas V Sekolah Dasar. Health Sciences, 4(1), 1–23.
Quilez-Robres, A., González-Andrade, A., Ortega, Z., & Santiago-Ramajo, S. (2021). Intelligence quotient, short-term memory and study habits as academic achievement predictors of elementary school: A follow-up study. Studies in Educational Evaluation, 70. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101020
Ramirez, G., Gunderson, E. A., Levine, S. C., & Beilock, S. L. (2013). Math Anxiety, Working Memory, and Math Achievement in Early Elementary School. Journal of Cognition and Development, 14(2), 187–202. https://doi.org/10.1080/15248372.2012.664593
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jilid I (Alih Bahasa) Mila Rahmawati,Anna Kuswati; (Editor) Wibi Kuswanti. Jakarta: Erlangga.
Siti Anisah, A., Katmajaya, S., & Zakiyyah, W. L. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 434. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1178
Stephanie, N. P., Kalesaran, T., Nadira, N., & June, S. (2016). Pelatihan Memori dan Daya Ingat Anak Usia 7-11 tahun di Indonesia. Pkm Gt Biopsychology, 12(1), 1–11.
Syariah, E. N., Mahromiyati, M., Sandiyansah, M. F., & Tangerang, U. M. (2020). Analisis Mengenai Ciri-ciri Belajar Siswa SD yang Memiliki Kemampuan Daya Ingat Tinggi. Nusantara, 2(1), 71–74.