Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI

Authors

  • Masripah . Universitas Garut
  • Idan Wiganda Universitas Garut
  • Nurul Fatonah Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.1381

Abstract

Dalam proses belajar mengajar terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Mengingat saat ini sedang diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang tentunya tidak mudah dilakukan. Adapun beberapa sekolah yang mulai diberlakukannya tatap muka, namun proses belajar tetap kurang maksimal dikarenakan waktu yang sangat terbatas. Tentunya hal tersebut berdampak pada peserta didik dalam proses memahami materi dan hasil belajar siswa selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran menggunakan  model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa  pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Sindang. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment, dengan  rancangan Pretest-Posttest Control Grup Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, sampel yang terpilih adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penilitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan  uji-t dengn taraf signifikan 5% atau 0,05, maka diperoleh hasil bahwa  = 3,8051 dan   = 2,00172 dengan demikian   > , maka  ditolak dan  diterima. Selanjutnya berdasarkan uji peningkatan (N-Gain) bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,46 dalam kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,15 dalam kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran  flipped classroom dalam  meningkatkan hasil belajar siswa kelasVII pada mata pelajaran PAI diSMP Negeri Sindang.

References

Arikunto, Suharismi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmadinanata, Zuardi, dkk. (2019). Pengelolaan Teknologi Informasi Pada Lembaga Pendidikan Islam. Barjarmasin: Universitas Islam Negeri Antasari.

Basri, Hasan. (2017). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flp Your Classroom: Reach Every Student In Every Class Every Day. International Society for Technology in Education.

Elytamaya, R. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Pendidikan gama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Punggur Lampung Tengah. Institut Agama Islam Negeri Metro.

Gumelar, E. (2019). Pengaruh Strategi Flipped Classroom Terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTS Mathla’ul Anwar panjang. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ijudin, Nenden Munawaroh. (2018). Pendidikan Agama Islam. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Sari.

Janatin, J. (2019). Penerapan Model Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Jatmiko, D. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Sebomenggalan Purworejo. Universitas Negeri Yogyakarta.

Karwati, Euis & Donni Juni P. (2019). Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Majid, Abdul. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAI. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mutmainah, Siti, dkk. (2019). Model Pembelajaran Flipped Classroom. Kemenerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rosyid, Moh. Zaiful, dkk. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Memperngaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Strisno. (2011). Pembaharuan dan Pengembanngan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Faladitama.

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafril & Zelhendri Zen. (2017). Dasar-Dasar ILmu Pendidikan. Depok: Kencana.

Syah, Muhibin. (2011). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Published

2021-09-19

How to Cite

., M., Wiganda, I., & Fatonah, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 236–248. https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.1381

Issue

Section

Jurnal Pendidikan UNIGA