Swot E- Learning Berbasis Al Quran Pada Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1000Abstract
Pandemi Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan, termasuk pendidikan tinggi. Adanya wabah virus corona ini menghambat kegiatan belajar mengajar yang biasanya berlangsung secara tatap muka. Kendati begitu, pandemi ini mampu mengakselerasi pendidikan Era 4.0 menuju pendidikan Era 5.0. Sistem E-Learning berbasis Al Quran dengan memanfaatkan teknologi informasi yang menarik dan sekaligus menjadi fokus dari penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan faktual berupa realitas. Pandemi Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan, termasuk pendidikan tinggi. Pandemi ini mampu mengakselerasi pendidikan 4.0 menuju Era 5.0. Sistem pembelajaran dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi dikenal dengan E-Learning berbasis Al Quran sebagai salah satu masalah sekaligus solusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analisis yang memfokuskan Swot E Learning Berbasis Al Quran Pada Masa Pandemi Covid 19. Hasil penelitian ini mengindikasikan Pelaksanaan kuliah pembelajaran daring/ E Learning pada masa pandemi ini tentu saja tidak mudah. Berbagai kendala, kekurangan, dan kelebihan sudah tentu ada. Bagi mahasiswa yang mungkin mayoritas sudah melek teknologi, tetapi ternyata masih banyak juga kendala yang sering dirasakan yaitu Pertama, keterbatasan sarana dan prasarana. E Learning menuntut kecepatan dan kemudahan akses. Kedua, kurangnya pemahaman materi yang disampaikan. E Learning juga berpengaruh pada pemahaman materi.Ketiga, tugas yang banyak dan mendadak atau seperti kata mahasiswa, “Tugas kayak tak ada akhlak,†itu juga memberatkan mahasiswa,Keempat, kurangnya internalisasi Etika moral dan akhlakul kharimah yang berbasis Qurani. Kelima, Ancamanya adanya oknum yang tidak bertanggung jawab (Hacker) memanipulasi data e-learning. Saran dari jurnal ini adanya komitmen organisasi sebagai prioritas utama baik dalam manajemen, kebijakan maupun kepemimpinan sebagai upaya penyelesaikan masalah Pembelajaran daring dalam rangka menciptakan generasi unggul yang berbasis al quran sehingga etika dan akhlakul kharimah dapat tercipta serta adanya sinergitas orangtua, dosen dan mahasiswa.References
Assad Muhammad, 2014, Notes Form Qatar 3, PT elex Media Komputindo, Jakarta
Masripah, 2019, Ulumul Quran, Universitas Garut, Garut
Muhtadi Saepul Asep, 2012,Komunikasi Dakwah, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Munir, 2013,Multimedia Konsep & Aplikasi Pendidikan, Alfabeta Bandung
Sauri Sofyan,2006, Pendidikan Berbahasa Santun, PT Genesindo, Bandung
Suryana Too dkk,1997 Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi, Tiga Mutiara, Bandung
Amin.Muhammadiyah, Staf ahli Menteri Agama Bidang Hubungan Kelembagaan Keagamaan, “Tantangan serta penerapan pendidikan untuk mecipatakan mepersiapkan generasi unggul yang mampu bersiang menuju era 5.0STAI Mempawah, Kalimantan Barat, pada 27 Juli 2020 waktu 08.00 wib
http://disdik.jabarprov.go.id/news/2134/internalisasi-penguatan-pendidikan-karakter-di-tengah-wabah-covid-19-melalui-pelibatan-orang-tua%2C-sekolah%2C-dan-masyarakat, diakses 27 Juli 2020
http://disdik.jabarprov.go.id/news/2134/internalisasi-penguatan-pendidikan-karakter-di-tengah-wabah-covid-19-melalui-pelibatan-orang-tua%2C-sekolah%2C-dan-masyarakat, diakses 27 Juli 2020
https://suarabaru.id/2020/06/27/etika-kuliah-daring-di-masa-pandemi-covid-19/ diakses 27 Juli 2020
https://ugm.ac.id/id/berita/19552-membedah-tantangan-pembelajaran-daring-di-tengah-pandemi-covid-19, diakses 26 Juli 2020
https://www.suara.com/yoursay/2020/04/07/104610/tantangan-dan-peluang-pembelajaran-jarak-jauh-bagi-mahasiswa, diakses 26 Juli 2020
Khusni Muhamad, 2020, Webinar Penerapan Pendidikan agama Islam menciptakan generasi unggul yang mampu bersiang di Era 5.0 , STAI Al Qolam Malang, diakses 27 Juli 2020 jam 10.00 Wib
Zulkifli,2020,Webinar Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era 4.0 dan menuju 5.0, Dosen IAIN Pontianak, 27 Juli 2020, jam 09.00 Wib