URGENSI INTERNALISASI PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK BAGI GENERASI MUDA
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v1i1.10Abstract
Generasi Muda adalah satu-satunya makhluk yang memiliki kemampuan intelektual, tenaga produktif dan berfikir rasional. Aset Negara yang paling berharga adalah generasi muda yang merupakan harapan bangsa yang mempunyai mental bageur berarti berakhlak mulia, cager berarti sehat jasmaniah dan rohaniah, singer berarti punya semangat inovatif dan berprestasi serta proaktif dalam setiap kegiatan, bener berarti mindset lurus dan akidah tidak menyimpang, Pinter berarti mempunyai intelektualitas yang dapat diandalkan. Keberhasilan Pembinaan generasi muda sebagai penerus bangsa ditopang oleh empat pilar yaitu : pertama, pendekatan pendidikan aqidah dan akhlak yang dapat diperankan oleh ulama sebagai panutan umat, serta pembinaan mentalitas yang dilakukan oleh para pemimpin Negara baik eksekutif, legislatif maupun yudikatif. Kedua, pendekatan sarana dan prasarana bagi generasi muda dengan mendirikan tempat-tempat berkumpulnya generasi muda seperti gelanggang olah raga, seni budaya, karya ilmiah, dan diskusi. Ketiga, penegakan aturan (Law enforcement) oleh pemerintah dengan penegakkan hukum yang tegas terhadap tindakan kriminalitas yang dilakukan generasi muda seperti semaraknya tawuran dan geng motor. Keempat, pendekatan partisipasi generasi muda dalam menyelesaikan masalah dirinya serta warga masyarakat secara luas. Program Aksi Bagi Generasi Muda yang harus dilakukan adalah Pendidikan aqidah akhlak secara kontinyu, Peningkatan frekwensi pembinaan keagamaan di sekolah atau kampus, Peningkatan kualitas layanan pembinaan bagi generasi muda, Peningkatan peran serta tokoh keagamaan, masyarakat dalam penataan lingkunganperibadahan yang nyaman, Peningkatan peran penegak hukum dalam pembinaan generasi muda serta Pemberdayaan ekonomi generasi muda. Kata Kunci : Pendidikan, Aqidah, Internalisasi dan Generasi mudaDownloads
Published
2017-02-18
How to Cite
., M. (2017). URGENSI INTERNALISASI PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK BAGI GENERASI MUDA. Jurnal Pendidikan UNIGA, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.52434/jp.v1i1.10
Issue
Section
Jurnal Pendidikan UNIGA