Peneguhan Karakter Islam Peserta Didik Melalui Rukun Iman Dengan Metode 3p (Pemahaman Pengamalan Pembiasaan)

H. Yufi Mohammad Nasrullah, Yasya Fauza Wakila, Nurul Fatonah

Abstrak


Pada masa dimana pendidikan sudah menyebar luas ke seluruh pelosok negeri, ternyata masih banyak peserta didik yang memiliki karakter kurang baik sehingga mencerminkan bahwa  tujuan dari pendidikan belum sepenuhnya berhasil tercapai terutama dalam menanamkan karakter mulia pada peserta didik. Dari kejadian tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peneguhan karakter Islami peserta didik melalui rukun iman dengan menggunakan 3P (Pemahaman Pengamalan Pembiasaan) di SMP Muhammadiyah Cilawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Hasil dari penelitian ini bahwa penggunaan dan penerapan metode 3P (Pemahaman Pengamalan Pembiasaan) dalam rukun iman, untuk meneguhkan karakter peserta didik efektif diterapkan karena segala sesuatu hal harus melalui pemahaman terlebih dahulu, sehingga dengan adanya paham maka akan timbul sebuah pemikiran dan keyakinan yang menjadikan  karakter seorang peserta didik itu baik layaknya sebagai orang yang beriman pada Allah SWT. Setelah dipahami, rukun iman tersebut diamalkan serta dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari.


Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Ahsanulkhaq, Moh;. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, Vol. 2, Hal. 21-33.

Ainissyifa, Hilda. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 08, Hal. 1-26.

Al-Utsaimin, Muhammad bin Shalih;. (2016). Penjelasan Mendasar Rukun Iman Dilengkapi Pengertian Agama Islam dan Lima Rukunnya. (Abdurrahman, Trans.) Jakarta: Darul Haq.

Hamidah. (2019). Implementasi Pemahaman Rukun Iman Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di SMA N 1 Kibang Lampung Timur. Skripsi. Metro: Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Hariyani. (2014). Nilai Keislaman dalam Novel Syahadat Cinta Karya Taufiqurrahman Al-Azizy. Jurnal Pendidikan Humaniora, Vol. 2, Hal. 283-293.

Jarnawi; Azhari; Urka, Adzanmi;. (2020). Implementasi Prinsip Yakin pada Rukun Iman dalam Konseling Islam. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, Vo.l 8, 251-226.

Johansyah. (2011). Pendidikan Karakter Dalam Islam; Kajian dari Aspek Metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. 11, 85-103.

Prafitri, Bayu; Subekti. (2018). Metode Pembianaan Akhlak Dalam Peningkatan Pengamalan Ibadah Peserta Didik di SMP N 4 Sekampung Lampung Timur. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 04, Hal 337-358.

Rohmatik, Alaina Alfi. (2017). Pemahaman Dan Pengamalan Agama Islam Siswa SMK Sudirman Tingkir Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Samniah, Naswiani;. (2016). Kemampuan Memahami Isi Bacaan Siswa Kelas VII MTs Swasta Labibia. Jurnal Humanika, Vol. 1.

Septiani, Lusi Vifi. (2017). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Di Taman Kanak-Kanak Bakti II Arrusydah Kedamaian Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri (UIN).

Shohimah, Lailatus; Sulthoni; Soepriyanto, Yerry;. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar. JKTP, Vol. 1, Hal. 169-175.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuningtiyas, Indah; , Ansori;. (2017). Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa Melalui Kegiatan Spiritual Camp di Man Bondowoso. Jurnal Manager, Vol. 04, Hal. 1-14.

Yuliharti. (2018). Pembentukan Karakter Islami Dalam Hadis dan Implikasinya Pada Jalur Pendidikan Non Formal. Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 4, 216-228.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v15i2.1394

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan,Garut University

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : [email protected]

Download Template :

 

Indexed by:

    

Supported by:

     

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016