Pembaharuan Pendidikan Islam Sayyid Ahmad Khan dan Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpu.v18i2.41859Abstract
Pendidikan Islam di India mengalami pasang surut pada abad ke 18, pada saat itu munculah tokoh muslim India terkemuka Sayyid Ahmad Khan, Ia mengajak umat islam India untuk mengintegrasikan pendidikan Islam dan pendidikan modern ala inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembaharuan pendidikan Islam perspektif Sayyid Ahmad Khan, apa saja yang Sayyid Ahmad khan lakukan untuk memperbaharui pendidikan Islam di India termasuk apa relevansi pembaharuan Pendidikan Islam Sayyid Ahmad Khan di India dengan kurikulum merdeka di Indonesia . Peneltian ini Penulis menggunakan penelitian kualitatif data dikumpulkan melalui penelitian pustaka (library research), dengan metode deskripstif. Berdasarkan pembahasan dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa : Pembahruan pendidikan Islam sayyid Ahmad khan yaitu: 1.Mendirikan the Scientific atau the Translation Society dan british Indian Assosition, 2.Mendirikan sekolah-sekolah untuk umat Islam yang konten kurikulum dan materinya disesuaikan dengan kebutuhan zaman dan diintegrasikannya ilmu umum dan agama 3. Mendirikan perguruan tinggi Islam Modern yaitu Aligarh College di mana di dalamnya terdapat sistem pendidikan Islam.4. Mendirikan Konperensi Pendidikan islam atau Mohammedan Educational Conference, 5.Sistem pendidikan Islam yang diciptakan oleh Sayyid Ahmad Khan adalah sistem pendidikan Islam modern yang kurikulum , konten materi dan tujuan pendidikan Islamnya disesuaikan dengan kebutuhan zaman. 6. Relevansi pembaharuan pendidikan Islam Sayyid Ahmad Khan di India dengan kurikulum merdeka di Indonesia terletak pada konsep keduanya yang kekinian, kedisinian dan integrasi keilmuwan.