Pengaruh Pembelajaran Home Visit Terhadap Peningkatan Kognitif Anak Didik

Nenden Munawaroh, Evi Siti Maesaroh, Saadan Maarif, Rian Setiawan

Abstrak


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Home Visit terhadap kemampuan kognitif anak didik. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi. Adapun tempat penelitian ini di SDN Balewangi 1 Cisurupan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik deskrifsi. Menurut Piaget peningkatan kognitif dimulai dari proses-proses berpikir secara konkrit sampai dengan yang lebih tinggi yaitu konsep-konsep abstrak dan logis. Piaget meyakini bahwa anak-anak secara alami memiliki ketertarikan terhadap dunia dan secara aktif mencari informasi yang dapat membantu mereka memahami dunia tersebut. Penelitian menunjukan bahwa (1) adanya hubungan baik antara guru, anak didik dan orang tua yang menunjang perogram Home Visit (2) anak didk lebih terkondisikan, guru dapat mengevaluasi langsung setelah pembelajaran dan guru dapat mendiaknosis kesuliatan pemamahaman anak didik. Jadi dapat disimpulkan bahawa penelitian pengaruh pembelajaran Home Visit terhadap kemampuan kognitif anak didik ini adalah adanya pengaruh pembelajaran Home Visit pada kemampuan kognitif anak didik.


Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Cahyono, Heri dan Iswati. “Memahami Peran Dan Fungsi Perkembangan Peserta Didik Sebagai Upaya Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum” 4, no. 1 (Juni 2018): 48.

Dwita, K. D., Anggraeni, A. I., & Haryadi, H. (2018). Pengaruh home visit dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 20(1).

Gunawan, Imam, Nurul Ulfatin, Sultoni, Asep Sunandar, Desi eri Kusumaningrum, dan Teguh Triwiyanto. “Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Implementasi Kurikulum 2013 1 (1 Oktober).

Hidayat, Rahmat, dan Candra Wijaya. Ayat - Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Islam (LPPPI), 2017.

Ibda, Fatimah. Peningkatan kognitif : Teori Pieget” 3, no. 1 (Juni 2015).

Izzan, Ahmad. Tafsir Pendidikan. Bandung: Humaniora, 2015.

Kurniyati, E. “Implementasi Konsep Manajemen Mutu Pendidikan Persfektif Pendidikan Islam” 2 (2019).

Murtopo, Ali. “SISTEM INFORMASI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN Konsep Dan Pelaksanaan Dalam Lembaga Pendidikan,” no. 2 (2020): 20.

Oemar, Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Rista Apriana. “Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dengan Peningkatan kognitif Anak Usia Prasekolah di Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik Semarang” 8, no. 1 (2019).

Samiudin. “Pentingnya Memahami Perkembangan Anak Untuk Menyesuaikan Cara Mengajar yang Diberikan” 12, no. 1 (April 2017).

Sir, Masganti. Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Yusrizal, Baihaqi Siddiq, dan Delima Muzdalifah. “Pengaruh Metode Home Visit dan Pola Bimbingan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar siswa Sekolah Dasar di Era Pandemi covid-19” 10, no. 3 (2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v15i2.1393

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan,Garut University

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : [email protected]

Download Template :

 

Indexed by:

    

Supported by:

     

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016