PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN PADA MASA SAYID AMIR ALI

Masripah Masripah, Sopa Siti Marwah, Sifa Ulfikriah

Abstrak


Sayid Amir Ali adalah seorang reformis Muslim dari India yang telah mengambil tindakan untuk membangunkan umat Islam dari tidurnya. Memahami sifat permasalahannya sangatlah penting. Era Sayid Amir Ali menyaksikan diperkenalkannya gagasan ini ke dalam pendidikan Islam kontemporer. Pola pikir meminta maaf ini meluas ke seluruh Asia, Afrika, dunia Arab, India, dan Pakistan. Nada penyesalan para intelektual Muslim, yang mendorong umat Islam untuk memikirkan masa lalunya. untuk menunjukkan bahwa keimanan mereka adalah keimanan yang mendorong kemajuan dan bukan keimanan yang membawa kemunduran. Penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan kualitatif melalui studi literatur (literature review) terkait Pemikiran Pendidikan Islam Modern Pada Masa sayid Amir Ali. Penelitian kualitatif ini menggunakan sumber data sekunder, atau data yang tidak langsung, berupa atau data-data yang sudah dikumpulkan lembaga pengumpulan data dan/atau telah dipublikasikan. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari referensi seperti jurnal, artikel, buku-buku referensi, dan sumber lainnya yang relevan dengan penelitian. Penelitian yang menggunakan teknik analisis deskriptif ini bertujuan untuk menjabarkan Pemikiran Pendidikan Islam Modern Pada Masa Sayid Amir Ali. Dengan dilakukan penelitian ini dapat memberikan pengetahuan baik kepada penulis maupun pembaca tentang topik yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Pemikiran, Pendidikan, Islam Modern


Referensi


Daftar Pustaka

AZIZ, N. G., & PAI, P. A. I. Sayyid Amir Ali Sang Pembaharu Islam India.

Qoharuddin, M. A. (2019). Modernisasi Umat Islam India: Studi Pemikiran Amir Ali Dan Akhmad Khan. El-Faqih: Jurnal Pemikiran dan Hukum Islam, 5(2), 82-97.

Ramadhan, H. G., & Khadijah, M. (2023). Pemikiran Modern Islam Dan Kontemporer: Pola Pembaharuan Islam Di India. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 1(2), 278-283.

Yasir, M. Syed Amir Ali: Rekonstruksi Islam. Jurnal Ushuluddin, 16(2), 205-211.

Masripah, M. (2013). Indonesian Islamic Women Movement (A Case Study of BKSWI West Java). International Journal of Nusantara Islam, 1(2), 9-21.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i2.3296

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.