Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Ani Siti Anisah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sapriya Sapriya Katmajaya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Kama Abdul Hakam Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ernawulan Syaodih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Wishfa Laeli Zakiyyah Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1178

Abstrak

Kecerdasan emosional merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki anak sejak dini dalam mengenal emosi diri dan orang lain. Karena melalui kecerdasan emosional, seorang anak akan mampu mengembangkan aspek emosi sebagai bekal mereka dalam berinteraksi dengan teman sebaya maupun dengan individu lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap sikap sosial siswa di MI Hidayatussibyan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan sampel diambil dari kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden terkait kecerdasan emosional sebesar 89.96%. Sikap Sosial yang ditunjukkan siswa memiliki sikap sosial positif dan berkesinambungan dengan kecerdasan emosional mereka. Tanggapan responden terkait sikap sosial ditunjukkan dengan 89.95% siswa mampu menerapkan sikap sosial yang baik di lingkungan kelas maupun di luar kelas bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun pengaruh kecerdasan emosional terhadap sikap sosial siswa sebesar 78,12%, artinya berkorelasi positif  berdasarkan nilai koefisien korelasi 0,88 berdasarkan nilai Thitung disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap sikap sosial diterima karena thitung  > ttabel yaitu 9,061521 > 2,068658 dimana pengaruh variable lain sebesar 21,88%.

 

Kata kunci: Kecerdasan Emosional; Sikap Sosial; Karakteristik Siswa Sekolah   Dasar

Referensi

Agustini. N.K., S. I. (2019). Agustini, N. K., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2019). Korelasi Antara Kecerdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat. . Jurnal pedagogi dan Pembelajaran, 2(1), 131-140.

Alfon, K. (2020, June 11). Perhatikan, 10 Ciri Anak yang Memiliki Tingkat Kecerdasan Emosi Rendah. Retrieved 4 25, 2021, from popmama.com: https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/alfon/ciri-anak-yang-memiliki-tingkat-kecerdasan-emosi-rendah/10

Anisah. A. S., &. S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Debat Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 254-267.

Giri, I. M. (2020). Giri, I. M. A., & Perbowosari, H. (2020). Peningkatan Mutu Kecerdasan Spiritual Dan Emosional Siswa Sekolah Dasar Melalui Pengembangan Model Siklus Belajar Catur Pramana. . Jurnal penjamin Mutu, 6(2), 182-188.

Goleman, D. (2003). Emotional Intellegence. Jakarta:: Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi kedelapan). McGraw Hill. Inc.

Ilham. (2020). PERKEMBANGAN EMOSI DAN SOSIAL PADA ANAK. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar: ISSN 2614-1051 Volume 4 Nomor 1 Desember 202, 162-180.

Jasmin, J. (2007). Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa.

Latifah, U. (2017). Aspek Perkembangan pada anak Sekolah Dasar: Masalah dan perkembangannya. Academia: Journal of Multidisiplinary Studies, 1(2) , 185-196.

Masruroh, A. (2014). Konsep Kecerdasan Emosional Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 6(1) Juni, 61-87.

Mustafa. (2020, Nopember 9). Manusia Sebagai Makhluk Sosial Dalam Perspektif Al Qur'an. Retrieved April 24, 2021, from Ikmal Online: Kajian Ilmu-ilmu Keislaman: http://ikmalonline.com/manusia-sebagai-makhluk-sosial-dalam-perspektif-al-quran/

Nazir, M. (2014). Metode Penulisan; Cetakan Kesembilan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pendidikan, R. (2020, July 5). Struktur Kurikulum Madrasah Ibtidadiyyah tahun 2020/2021 Sesuai dengan KMA No 184 Tahun 2019. Retrieved April 25, 2021, from Ruang Pendidikan: https://www.ruangpendidikan.site/2020/07/struktur-kurikulum-madrasah-ibtidaiyah-tahun-2020-2021-sesuai-kma-no-184-tahun-2019.html

Primastika, W. (2018, Oktober 12). Kecerdasan Emosional Itu Penting, Kenali Cara Melatihnya. Retrieved 4 24, 2021, from Tirto.id: https://tirto.id/kecerdasan-emosional-itu-penting-kenali-cara-melatihnya-c6qG

Purwanto, M. N. (2002). Psikologi Pendidikan: Cetakan 18. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, Y. (2018). Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia TK: Modul 1.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua).

Syah, M. (2002). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ulandari. Y., &. J. (2019). Pemanfaatan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 1-8.

Diterbitkan

2021-06-02

Cara Mengutip

Siti Anisah, A., Sapriya Katmajaya, S., Hakam, K. A., Syaodih, E., & Zakiyyah, W. L. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 434–443. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1178

Terbitan

Bagian

Jurnal Pendidikan UNIGA