Enkulturasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar
Abstrak
Kata Kunci: Enkulturasi, Nilai-nilai Karakter, Permainan Tradisional, Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar
Teks Lengkap:
Download (PDF)Referensi
Ainissyifa, Hilda. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Vol. 08; No. 01; 2014; 1-26 ISSN: 1907-932X
Anggoro, Subuh. (2016). Gotong Royong Dalam Permainan Tradisional Gobak Sodor. Prosiding Seminar nasional Etnopedagogik. Kajian Nilai-Nilai Etnokultur Sebagai landasan Pendidikan. Bandung. Insan Mulia. ISBN.978-602-74162-1-5
Ariyanti, Puput. (2017). Manajemen Pembelajaran Dengan Menggunakan Pendekatan Tematik Integratif Di Sd Negeri Tugu Kecamatan Purwoasri Kediri. Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume 01 Nomor 01 Tahun 2017, 0 – 9.
Artobatama, Irman. (2018). Pembelajaran Stem Berbasis Outbound Permainan Tradisional. Indonesian Journal of Primary Education Vol. 2, No. 2 (2018) 40-47 ISSN: 2597-4866.
Cahyono, N. 2011. “Permainan Tradisional Anak. Berteknologi Tapi tetap Berbudayaâ€. https://permata-nusantara.blogspot.com/2010/12/permainan-anak-tradisional.html. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2019.
Juanda. (2010). Peranan Pendidikan Formal Pada Proses Pembudayaan. Lentera Pendidikan Vol 13 No 1. 1 Juni 2010.hal 1-15.
Karli, Hilda. (2010). Penerapan Pembelajaran Tematik di Indonesia. Jurnal Pendidikan dasar Eduhumaniora. Vol 2. No 1. Januari 2010. ISSN: 2579-5457.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal Pedagogia, 4(1), 41–49.
Koentjaraningrat. (1996). Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Kurniati, E. 2011. Program Bimbingan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak diterbitkan
Muhtar, T. (2014). Analisis Kurikulum 2013 Ditinjau dari Aspek Nilai Karakter Bangsa. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 168–175.
Mardikarini, Sasi. Suwarjo. (2016). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Pegangan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VI, Nomor 2, Oktober 2016. 261-275.
Maryani, E; Syamsudin, H. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Jurnal Penelitian Vol., 9 Nomor 1(1), 1–111.
Madjid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Pramudyani, Avanti Vera Risti. Dkk (2017). Kurikulum Holistik Integratif Berbasis Permainan Tradisional Pada PAUD Di Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Volume 10, Nomor 2, September 2017. 86-96
Purwaningsih, Ernawati. (2006). Permainan Tradisional Anak: Salah Satu Khasanah Budaya yang Perlu Dilestarikan. Jurnal Jantra Vol. I, No. 1, Juni 2006. 40-46. ISSN: ISSN 1907 - 9605
Satya, V. E. (2018). Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, X(9).
Sartini, S. (2004). Menggali Kearifan Lokal Nusantara: Sebuah Kajian Filsafati. Jurnal Filsafat, 14(2), 111– 120.
Setiawati, Nanda Ayu. (2017). Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 348-352. ISSN: 2598-3237 (media cetak) ISSN: 2598-2796 (media online).
Sasmito, L. & Mustadi, A. 2015. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik Integratif Berbasis Pendidikan Karakter pada Peserta Didik Sekolah Dasarâ€. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. V, No. 1, hlm. 67-79.
Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014
Permendikbud No 20 tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter
DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v14i2.1005
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Pendidikan UNIGA
Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut
Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151
Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id
Download Template :
Visitor
Indexed by:
Supported by:
Tools
Copyright © journal.uniga.ac.id 2016
| This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.