Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op di Kelas VII SMP

Rohman Rohman

Abstrak


Hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Talang Kelapa pada nilai semester genap tahun ajaran 2022/2023 menunjukkan tingkat yang rendah setelah dilakukan analisis. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang belum tepat pada waktu itu. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas dilakukan dengan menerapkan model belajar kooperatif tipe Co-op Co-op untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa, terutama pada materi bangun segiempat. Metode ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil, sehingga mereka terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan penelitian yaitu bagaimana pembelajaran matematika dan  bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran matematika melalui belajar kooperatif tipe Co-op Co-op? Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari tes setiap siklus, serta kemampuan peneliti dalam mengelola pembelajaran yang diamati melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui belajar kooperatif tipe Co-op Co-op yang dilakukan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Talang Kelapa pada materi bangun segiempat. Pada siklus I, persentase siswa yang tuntas belajar mencapai 52,94%, sedangkan pada siklus II, persentase siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 85,29%, melebihi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu di atas 75%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan


Teks Lengkap:

Download (PDF)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i1.2681

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.