Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah

Wahyu Hidayat, Jaja Jahari, Chika Nurul Shyfa

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran di madrasah (penelitian di MTs Informatika Mifthaul Huda Bandung). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif – kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan penyajian data. Di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung, peneliti menemukan bahwa guru dan manajer kelas memiliki peran utama didalamnya untuk mewujudkan kelas yang efektif. Berdasarkan hasil penelitian, manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung, yaitu: (1) latar alamiah MTs Informatika Miftahul Huda Bandung, (2) perencanaan manajemen kelas, (3) pelaksanaan manajemen kelas, (4) evaluasi manajemen kelas, (5) usaha peningkatan proses pembelajaran, (6) faktor penunjang dan penghambat manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran, dan (7) hasil manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung.

Kata kunci : Pendidikan, Kelas, Pembelajaran

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Bermi, Wibawati. (2017). Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah (Studi Kasus di Madarasah Aliyah Negeri Ngrambe Ngawi). Jurnal Al-Lubab. 3 (1)

Erwinsyah, Alfian. (2017). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 5 (2)

Fajar, Malik. (1998). Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung : Mizan.

Maemonah. (2016). Upaya Peningkatan Manajemen Pembelajaran Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Sembego Maguwoharjo: Prospek dan Tantangan. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak. 2 (1)

Mulyadi. (2009). Classroom Manajement Mewujudkan Suasana Kelas yang Menyenangkan Bagi Siswa. Malang : Aditya Media.

Nugraha, Muldiyana. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi : Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. 4 (01)

Pananrangi, Andi Rasyid. (2017). Manajemen Pendidikan. Makassar : Celebes Media Perkasa.

Rosidah. (2018). Strategi Pengelolaan Kelas Efektif dan Efisien dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah. 1 (2) DOI : 10.5281/zendo.1421013.

Saifurrohman. (2014). Pendidikan Berbasis Karakter. Jurnal Tarbawl Vol. II. No. 2. Juli - Desember 2014. ISSN: 2088-3102.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R & D. Bandung :Alfabeta.

Badrudin. (2014). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta : Indeks.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. (2008). Manajemen Pendidikan.Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v14i1.913

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : [email protected]

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

   

Supported by:

 

Tools

  

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.