Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah

Penulis

  • Wahyu Hidayat UIN Bandung
  • Jaja Jahari UIN Bandung
  • Chika Nurul Shyfa UIN Bandung

DOI:

https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.913

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran di madrasah (penelitian di MTs Informatika Mifthaul Huda Bandung). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif – kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan penyajian data. Di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung, peneliti menemukan bahwa guru dan manajer kelas memiliki peran utama didalamnya untuk mewujudkan kelas yang efektif. Berdasarkan hasil penelitian, manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung, yaitu: (1) latar alamiah MTs Informatika Miftahul Huda Bandung, (2) perencanaan manajemen kelas, (3) pelaksanaan manajemen kelas, (4) evaluasi manajemen kelas, (5) usaha peningkatan proses pembelajaran, (6) faktor penunjang dan penghambat manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran, dan (7) hasil manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung. Kata kunci : Pendidikan, Kelas, Pembelajaran

Referensi

Bermi, Wibawati. (2017). Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah (Studi Kasus di Madarasah Aliyah Negeri Ngrambe Ngawi). Jurnal Al-Lubab. 3 (1)

Erwinsyah, Alfian. (2017). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 5 (2)

Fajar, Malik. (1998). Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung : Mizan.

Maemonah. (2016). Upaya Peningkatan Manajemen Pembelajaran Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Sembego Maguwoharjo: Prospek dan Tantangan. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak. 2 (1)

Mulyadi. (2009). Classroom Manajement Mewujudkan Suasana Kelas yang Menyenangkan Bagi Siswa. Malang : Aditya Media.

Nugraha, Muldiyana. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi : Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. 4 (01)

Pananrangi, Andi Rasyid. (2017). Manajemen Pendidikan. Makassar : Celebes Media Perkasa.

Rosidah. (2018). Strategi Pengelolaan Kelas Efektif dan Efisien dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah. 1 (2) DOI : 10.5281/zendo.1421013.

Saifurrohman. (2014). Pendidikan Berbasis Karakter. Jurnal Tarbawl Vol. II. No. 2. Juli - Desember 2014. ISSN: 2088-3102.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R & D. Bandung :Alfabeta.

Badrudin. (2014). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta : Indeks.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. (2008). Manajemen Pendidikan.Bandung : Alfabeta.

Diterbitkan

2020-07-02

Cara Mengutip

Hidayat, W., Jahari, J., & Nurul Shyfa, C. (2020). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308–317. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.913

Terbitan

Bagian

Jurnal Pendidikan UNIGA