Manajemen Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik

Penulis

  • Wahyu Hidayat UIN Bandung
  • Yaya Suryana UIN Bandung
  • Fia Fauziah UIN Bandung

DOI:

https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1004

Abstrak

Kegiatan Bimbingan dan Konseling memegang peranan yang sangat penting dalam menumbuhkembangkan karakter siswa madrasah. Oleh karena itu, kegiatan bimbingan dan konseling harus ditata dan kelola secara sistematis dengan mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan, (2) pengorganisasian (3) pelaksanaan (4) evaluasi (5) faktor penunjang dan penghambat (6) Hasil yang dicapai dari manajemen bimbingan dan konseling dalam pendidikan karakter peserta didik. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif-kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi atau menyalin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen bimbingan dan konseling dalam pendidikan karakter peserta didik telah berjalan cukup baik yang ditunjukan dengan beberapa hal berikut, yaitu: (1) perencanaanya secara adminstrasi sudah cukup baik. (2) pegorganisasiannya dilakukan sistem koordinasi baik antara guru bimbingan dan konseling dengan guru-guru mata pelajaran ataupun wali kelas. (3) pelaksanaanya disesuaikan dengan program-program yang telah di rumuskan sebelumnya.(4) evaluasi dilakukan dalam bentuk laporan.(5) faktor penunjangnya yaitu pemahaman Bimbingan Konseling seluruh civitas akademika baik, Sementara faktor penghambatnya kurangnya sumber daya manusia menyebabkan kurang optimalnya dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling (6) hasil yang dicapai dilihat dari perubahan tingkah laku serta prestasi peserta didik. Kata Kunci: Bimbingan, Konseling, Karakter

Referensi

Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai- karakter Kontruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Akhirudin.(2015). Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara.Jurnal Tarbiya,1 (1):Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Athoilah.A (2010).Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: INDEKS

Badrudin. (2013). Manajemen Peserta didik. Jakarta: INDEKS.

Badrudin. (2015). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Creswell, W. J. (2013). Reseach Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, edisi ketga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dumhur, & Surya, M. (2015). Peningkatan kemampuan penyesuaian diri menggunakan teknik reinforcement positif. Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Fathurrahman, P. (2002). Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan. Bandung: Pustaka Adhigama.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: ALFABETA.

guruKatro. (2016, Februari 1). https://www.guruKatro.com/2016/01/standar-kompetensi-lulusan-pendidikan.html?m=1. Retrieved Mei 4, 2019, from www.guruKatro.com

Hasibuan, M. S. (2006). Manajemen (Dasar, Konsep, dan Masalah). Jakarta: Bumi Aksara.

Hikmawati, F. (2012). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers.

Iqbal. (2005, oktober 6). https://wikipedia.org/wiki/Madrasah_aliyah. Retrieved April 6, 2019, from www.wikipedia.com: https://wikipedia.org/wiki/Madrasah_aliyah

Isnaini, R. L. (2016). Penguatan Pendidikan Karakter siswa melalui manajemen bimbingan dan konseling Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 36.

Jahari, J., & Syarbini, A. (2013). Manajemen Madrasah. Bandung: Alfabeta.

K.A Rahman, M. M. (2017). Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri. Jurnal Administrasi Pendidikan, 41.

Koesoema, A. D. (2011). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman global. Jakarta: PT. Gramedia.

Lisyarti, R. (2012). Pendidikan Karakter dalam metode aktif, inovatif, dan kreatif. Jakarta: Erlangga Group.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nurihsan, A. J. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam berbagai latar kehidupan. Bandung: Alfabeta.

Nurihsan, A. J. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam berbagai latar kehidupan. Bandung: PT Refika Aditama.

Salahudin, A. (2010). Bimbingan dan Konseling. Bandung : Pustaka Setia.

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi dan Langkah Praktis. Jakarta: Esensi.

Sukardi, D. K. (2000). Pengantar dan Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2017). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bsndung: PT Rosda Karya.

Tohirin. (2014). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.

Walgito, B. (2010). Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karier). Yogyakarta: ANDI.

Yusuf, S. (2005). Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling. ABKIN.

Diterbitkan

2020-12-10

Cara Mengutip

Hidayat, W., Suryana, Y., & Fauziah, F. (2020). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 346–354. https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1004

Terbitan

Bagian

Jurnal Pendidikan UNIGA