Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar

Irfan Hilman, Alifa Febrianti, Nursari Aulia

Abstrak


Mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang dikenalkan pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Bahan kajian dalam IPS SD diantaranya meliputi keadaan suatu wilayah, perekonomian, dan perkembangan masyarakat Indonesia yang terjadi sejak masa lalu hingga masa kini. Media pembelajaran audio visual adalah jenis media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu proses atau kegiatan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah literature review terkait penggunaan media audio visual menurut para ahli dan buku sebagai acuan atau referensi, serta mencari data informasi dari berbagai sumber. Berdasarkan review yang dilakukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPS sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio visual. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran audio visual dalam kegiatan pembelajaran IPS di kelas, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Arikunto, S. (2012).Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.

Asra, Darmawan dan Riana (2007). Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Dirjendikti : Jakarta.

Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP) Press Jakarta. Jakarta.

Kustandi, C. dan Sutjipto.B. (2013).Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Miftakh, F dan Samsi. Y. S. (2015). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningktkan Kemampuan Menyimak Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Solusi, 2 950, 17-24..

Puspitosari, G. (2012). Peningkatan Keterampilan Menyimak Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media audio Visual Pada Siswa Kelas v sD Negeri Karanganyar 02 Tahun Ajaran 2011/2012. Naskah Publikasi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Soegeng, A.Y. (2016).Dasar-dasar Penelitian.Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumayana, Y. (2015). Penggunaan Metode Index Card Match Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Mengenal Sejarah Uang. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 90-98. doi:http://dx.doi.org/10.17509/mimpar-sd.v2i1.1335.

Susilana, R. dan Riyana C. (2009).Media Pembelajaran.Bandung: Wacana Prima.

Tarigan, H. G. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyuningsih, R. A. (2011). Efektifitas Penggunaan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Prancis Pada Siswa Kelas x MAN 1 Yogyakarta. (Skripsi).Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Lumbung Pustaka Universotas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v13i1.826

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : [email protected]

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

   

Supported by:

 

Tools

  

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.