Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Muatan Lokal Seni Musik Pada Program Pendidikan Kesetaraan di PKBM Al Kahfi Kota Serang

Lisnawati Lisnawati

Abstrak


Kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum baru yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka pemulihan pendidikan akibat adanya pandemi covid-19 sekaligus sebagai respon terhadap kebutuhan sistem pendidikan di era revolusi industri 4.0. Penerapan kurikulum merdeka belajar pada pendidikan nonformal akan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan untuk mampu memfasilitasi peserta didik tumbuh dan berkembang sesuai dengan karakteristik dan potensi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka belajar melalui muatan lokal seni musik pada program pendidikan kesetaraan di PKBM Al Kahfi Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan terdiri dari: 1 pengelola, 1 tutor, dan 5 peserta didik paket C. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar melalui muatan lokal seni musik pada program pendidikan kesetaraan di PKBM Al Kahfi Kota Serang dilakukan melalui tahapan alur pembelajaran merrdeka yang terdiri dari: mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, refleksi terbimbing, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi, dan aksi nyata. 

 


Teks Lengkap:

Download (PDF)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i1.2680

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.