Penggunaan Video Pembelajaran PPKN Materi Kewajiban dan Hak Di Rumah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III A MIN 2 Jepara 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpu.v17i1.2666Abstrak
Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah rendahnya nilai PPKn materi Kewajiban dan Hak di Rumah pada siswa kelas III A MIN 2 Jepara. Keterbatasan disaat pandemi yang membuat guru dipaksa untuk selalu berpikir kreatif dan inovatif dalam menyajikan materi. Kemudian tingkat kejenuhan siswa untuk menyerap materi tanpa mengetahui contoh nyata dalam kehidupan. Sehingga guru harus bisa mengajak siswa berpikir secara nyata dengan memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan pada saat itu. Oleh sebab itu, penggunaan video pembelajaran menjadi salah satu pilihan agar siswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Materi PPKn yang terdapat di kelas III banyak yang membutuhkan pemahaman secara kontekstual, sehingga butuh media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mengingat contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mampu membedakan setiap istilah yang diungkapkan dalam materi tersebut dan mendapatkan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas III A MIN 2 Jepara yang berjumlah 39 siswa. Instrumen pengumpulan data, teknik pengumpulan data, dan analisis data menggunakan tes dan nontes. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil nilai rata-rata pada pra siklus adalah 69,28 kemudian rata-rata siklus I adalah 73,03 dan rata-rata siklus II adalah 85,72. Sedangkan nilai rata-rata ketuntasan klasikal pada pra siklus sebesar 38%, kemudian pada siklus I sebanyak 62%, dan pada siklus II sebesar 92% siswa dinyatakan tuntas KKM. Sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17%. Hasil analisis data nontes berdasarkan hasil penelitian juga menunjukkan adanya perubahan perilaku pada siswa kelas III A MIN 2 Jepara menjadi positif.
Referensi
Arif, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat pers, 2002.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
__________, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.
Barizi,Ahmad dan M. Idris, Menjadi Guru Unggul, Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2010.
Daradjat, Zakiah, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
__________, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 1996.
Djamarah,Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006, Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD, MI dan SDLB, Jakarta: CV. Mini Jaya Abadi, 2006.
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research I, Yogyakarta: Andi, 2001.
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.
____________, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2007.
Muchlich, Mansur, KTSP pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Muliawan, Jasa Ungguh, Pendidikan Islam Integratif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1985.
Rohani, Ahmad, Media Instruksional Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Saminanto, Ayo Praktik PTK, Rasail Media Group, Semarang, 2011.
Silberman, Melvin L., Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif, terj. Raisul Muttaqien, (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2009.
Siregar, Syofian, Statistika Dekriptif Untuk Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.
Soedjarwono, Bentuk-Bentuk Media Pembelajaran, Bandung: CV. SInar Baru, 1997.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2005.
_________, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1995.
Tim Redaksi Nuansa Aulia, Himpunan Perundang-Undangan RI tentang SistemPendidikan Nasional (SISDIKNAS), Bandung: Nuansa Aulia, 2008.
Tirtarahadja, Umar, La Sulo, Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Yamin, Martinis, Kiat Membelajarkan Peserta Didik, Jakarta: Gaung Persada Press, 2007.
Yulistyana, Naili Vidya, Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Cucok Untuk Meningkatkan Kemahiran Kalam Pada Siswa Kelas XI MAN 1 Jepara, Tesis, Yogyakarta perpustakaan Pps UIN Sunan Kalijaga, 2016.