Analisis Pembelajaran Dengan Desain Didaktik Sharing Task dan Jumping Task pada Materi Persilangan Monohibrid

Authors

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpu.v16i2.1797

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan rancangan  desain didaktik pada pembelajaran dengan menggunakan sharing task dan jumping task dalam materi persilangan monohibrid. Ada tiga kegiatan siswa yang diungkapkan, yaitu: 1) aktivitas kolaborasi siswa dalam kelompok, 2) responss siswa dan 3) hasil diskusi. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Cisurupan, Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas kolaborasi siswa dalam pembelajaran, memperlihatkan responss yang baik dalam setiap tahapan pembelajaran dan mengelola hasil diskusi.

Author Biography

Asep Irvan Irvani, Universitas Garut

Dosen di Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, UNIVERSITAS GARUT.

References

Fajrian,U.N., Nurulhusna,E.F., Syahputra,A.,Ervinna,E., Ristanto,R. Suryanda,A.,& Rini,D.S. (2021). Penuntun praktikum koin genetika pada materi pewarisan sifat untuk peserta didik kelas XII: Studi pengembangan dan validasi. Proceeding of Biology Education, 4(1), 171-180 (2021).

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Maulana, AK. Supriatno,B., Anggraeni, S. (2021). Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium Berbasis ANCORB Pada Materi Hereditas. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Volume 7, Nomor 02, Tahun 2021, Hal. 216-226.

Nurhuda, T., Irvani, A.I,. (2021). Profil Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Fisika Dalam

Menggunakan Perangkat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) Vol. 01; No. 01; 2021;

Rahmawati, A., Fadiawati, N., Diawati, R. (2019). Analisis Keterampilan Berkolaborasi

Siswa SMA pada Pembelajarn Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Vol. 8, No. 2, Tahun 2019.

Riduwan (2014). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Ruskendi,F.F.N. (2021). Pengembangan Dan Implementasi Desain Pembelajaran Sharing Dan Jumping Task Pada Topik Reaksi Reduksi Dan Oksidasi Berdasarkan Perubahan Bilangan Oksidasi Untuk Menumbuhkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Di Salah Satu SMA Negeri. Skripsi. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryadi, D. (2011). Didactical Design Research (DDR) Dalam Pengembangan Pembelajaran. Matematika1, (Modul Semnas FPMIPA UPI, 2010), h.10.

Wahidah, N. S., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Indonesian Journal of Biology Education, 7260(2), 70–76.

Published

2022-11-22

How to Cite

Adawiyyah, Y., & Irvani, A. I. (2022). Analisis Pembelajaran Dengan Desain Didaktik Sharing Task dan Jumping Task pada Materi Persilangan Monohibrid. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(2), 592–602. https://doi.org/10.52434/jpu.v16i2.1797

Issue

Section

Jurnal Pendidikan UNIGA