Pengaruh Digital Game Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Kelas X di SMAN 1 Pabuaran
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpu.v18i2.41556Abstract
Motivasi adalah indikator penting dalam proses belajar untuk meningkatkan dorongan dan antusiasme siswa terhadap aktivitas pembelajaran yang lebih bermakna. Oleh karena itu, dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa, akan diterapkan model pembelajaran berbasis permainan digital dengan bantuan situs web interaktif dan kolaboratif Genially yang memiliki berbagai jenis permainan yang sudah tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis permainan digital terhadap motivasi belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Pabuaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan purposive sampling berdasarkan beberapa pertimbangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pretest dan posttest dalam bentuk angket. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas X 5 sebagai kelas kontrol dan kelas X 7 sebagai kelas eksperimen. Dalam pelaksanaan penelitian, digunakan situs web Genially sebagai permainan digital. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai perhitungan ttest pada nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen memperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0.000<0.05, sehingga Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis permainan digital memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah. Hasil penelitian ini mendukung penggunaan pembelajaran berbasis permainan digital sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar Kata-kata Kunci: Model DGBL, Motivasi, dan SejarahDownloads
Published
2024-11-30
How to Cite
Aprianti, A., Fadillah, M. A., & Wibowo, T. U. S. H. (2024). Pengaruh Digital Game Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Kelas X di SMAN 1 Pabuaran. Jurnal Pendidikan UNIGA, 18(2), 162. https://doi.org/10.52434/jpu.v18i2.41556
Issue
Section
Jurnal Pendidikan UNIGA