Pengaruh Konten TikTok @sejarahseru.id Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Sejarah Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 2 Pandeglang
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpu.v18i2.4143Abstract
Media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran menjadi salah satu faktor penentu dalam membangkitkan minat belajar siswa. TikTok, sebagai platform media sosial yang sangat populer di kalangan remaja, memiliki potensi besar untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang menarik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten TikTok @sejarahseru.id sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 2 Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional, dengan pengumpulan data melalui wawancara, angket, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara variabel x terhadap variabel y, dengan dilakukannya pengujian analisis regresi linear sederhana, uji parsial (uji t), dan koefisien determinasi. Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai 0.001 < 0,05 yang artinya variabel x berpengaruh terhadap variabel y. berdasarkan hasil uji parsial (uji t) diperoleh nilai thitung = 6,719 dan ttabel = 0,374 atau nilai Sig. 0,001 < 0,05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel x dan variabel y. sedangkan hasil koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 59,3%, yang artinya penyebaran pengaruh pada Kelas XI I mencapai angka 59,3 % minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dipengaruhi oleh media pembelajaran berbasis video pada akun @sejarahseru.id. Kata Kunci: Konten TikTok, @sejarahseru.id, Media Pembelajaran, dan Minat Belajar.Downloads
Published
2024-11-30
How to Cite
ZAHWA, S., Fadillah, M. A., & Wibowo, T. U. S. H. (2024). Pengaruh Konten TikTok @sejarahseru.id Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Sejarah Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 2 Pandeglang. Jurnal Pendidikan UNIGA, 18(2), 152. https://doi.org/10.52434/jpu.v18i2.4143
Issue
Section
Jurnal Pendidikan UNIGA