Analisis Soal Tes Pilihan Ganda Berbasis Higher Order Thinking Skill menggunakan Aplikasi Anates Windows Versi 4.0.9 For Windows
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v15i2.1287Abstrak
Indonesia dalam penilaian PISA termasuk dalam kategori rendah dalam kemampuan literasi. Hal ini diperlukannya berbagai upaya termasuk dalam evaluasi pembelajaran dengan menyediakan soal HOTS. Soal yang ideal akan melatih siswa untuk dapat berfikir kritis dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal tes pilihan ganda berbasis HOTS menggunakan aplikasi Anates 4.0.9 for windows. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang dibuat dalam penelitian ini ialah kisi-kisi soal dan butir soal HOTS. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV SDN 3 Kerandon Kabupaten Cirebon sejumlah 30 siswa. Hasil analisis menunjukkan mayoritas tingkat kesukaran soal kategori mudah, mayoritas daya pembeda soal kategori baik, efektivitas pengecoh kategori sangat baik, validitas soal sejumlah 16 dan soal yang diujikan bersifat reliabel. Hasil yang diperoleh kemudian dirangkum menjadi satu dalam rekap analisis butir soal.
Referensi
Anggreini, D., & Darmawan, C. A. (2017). Analisis Kualitas Soal Try Out Ujian Nasional Dengan Menggunakan Aplikasi Program Anates. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 2(1), 20. https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.213
Arif, M. (2014). Penerapan aplikasi anates bentuk soal pilihan ganda. Jurnal Ilmiah Edutic, 1, 1–9.
Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2010. Manajemen Penelitian.
Arta, K. S., Purnawati, D. M. O., & ... (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Pengembangan Dan Implementasi Asesmen Otentik Pada Guru-Guru Sd Di Kecamatan Seririt Kabupaten …. … Media Ganesha FHIS, 1, 23–32. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/p2mfhis/article/view/301
Ayunita, D. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.
Depdiknas. (2007). Panduan Penulisan Soal Pilihan Ganda. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang-Depdiknas.
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
Fatimah, L. and A. K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8, 37–64.
Gunawan, A. W. (2003). Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hanifah, N. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. SOSIO E-KONS, 6(1), 41–55.
Hidinia, D. P., & Suprijono, A. (2020). Analisa Tingkat Kesulitan Soal Latihan Usbn 2019 Melalui Aplikasi Anates. Avatara, e-Journal Pendidikan Sejarah, 8(1), 1–5.
Jia, B., He, D., & Zhu, Z. (2020). Quality and Feature of Multiple-Choice Questions in Education. Problems of Education in the 21st Century, 78(4), 576–594. https://doi.org/10.33225/pec/20.78.576
Kemendikbud. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: Rosdakarya.
Lestari, D. (2016). Pengembangan Soal Tes Berbasis HOTS Pada Model Pembelajaran Latihan Penelitian di Sekolah Dasar. Journal Universitas Pendidikan Indonesia.
Malik, A., & Chusni, M. M. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan. International Journal of Physiology.
Naga, D. S. (2002). Pengantar Teori Skor pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Gunadarma.
OECD. (2019). “PISA 2018 Mathematics Frameworkâ€, in PISA 2018 Assessment and Analytical Framework,. OECD.
Putri, Resty A and Rosliyah, Y. (2020). Analisis Distraktor Butir Soal Bunpou Shokyuu Kouhan Semester 2 Tahun 2018/2019 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes. Kiryoku, 4, 20–28.
Reniasih, G. N. (2020). Penerapan Bimbingan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 41. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24278
Rintayati, P., Lukitasari, H., & Syawaludin, A. (2020). Development of Two-Tier Multiple Choice Test to Assess Indonesian Elementary Students’ Higher-Order Thinking Skills. International Journal of Instruction, 14(1), 555–566. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14133A
Sari, A. I. C., & Herawati, M. (2014). Aplikasi ANATES Versi 4 dalam Menganalisis Butir Soal. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 203–214.
Setiawaty. (2017). Indeks Tingkat Kesulitan (ITK) Dan Keberfungsian Distraktor Soal Pilihan Ganda UAS Genap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. SEMNASBAHTERA, 68–78.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Journal of Chemical Information and Modeling.
Wicaksono, V. D. (2018). Pengembangan Perangkat Asesmen Autentik Pada Tema Makanan Sehat Dan Bergizi Kelas Iv Sekolah Dasar. Inventa, 2(2), 55–62. https://doi.org/10.36456/inventa.2.2.a1650
Wilson, V. (2000). Education forum on teaching thinking skills. Edinburgh Report, the scottish council for research in education.