Penerapan Model Cooperative Learning Type Market Place Activity melalui Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP IT Cikal Sukawening Garut)

Muhammad Luthfi Firdaus, Asep Tutun Usman, Jafar Amiruddin

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Type Market Place Activity melalui Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya di kelas VIII SMP IT Cikal Sukawening Garut. Penelitian ini dilatar belakangi karena perlu adanya peningkatan hasil belajar dalam diri setiap siswa. Dalam hal ini dilakukan uji intstrumen pretest dan posttest untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga dapat diketahui hasilnya sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Di tambah dengan teknik lain yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian experimen dengan Nonequvalent Control Grup Design dilakukan di kelas VIII A sebanyak 16 siswa dan kelas VIII B sebanyak 16 siswa yang dijadikan sampel penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini merupakan tes yang merupakan tes tulis (pilihan ganda) dan terbagi menjadi pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 69 (pretest) dan 81 (posttest) sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 67 (pretest) dan 76 (posttest). Maka pengujian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena nilai Thitung lebih besar dari pada Ttabel yaitu 5,37>2,75. Setelah melewati beberapa tahap perhitungan sebelumnya, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapam model Cooperative Learning Type Market Place Activity melalui Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terdapat peningkatan sebesar 0,40

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpai.v2i2.2961

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Supported by:


Tools:

  


ISSN/E-SSN



Pengunjung

View My Stats

Jurnal Pendidikan Agama Islam
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: journalonlineuniga@gmail.com

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Download Template: