Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran untuk Mewujudkan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v11i1.89Abstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah membahas tentang pengaruh iklim organisasi sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap manajemen pembelajaran untuk mewujudkan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik survey, wawancara, observasi dan studi dukumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Adapun penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dari populasi secara acak. Teknik ini dilakukan dengan menarik sampel dari jabatan guru dengan memperhatikan keterwakilan secara proposional sebanyak 59 orang guru Madrasah tsanawiyah swasta di Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut. Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa iklim organisasi sekolah (X1) dan kepemimpinan kepala sekolah (X2) berpengaruh positif secara signifikan terhadap manajemen pembelajaran (Y) untuk mewujudkan kinerja guru (Z) di madrasah. Penelitian ini berkesimpulan bahwa untuk mewujudkan kinerja guru di madrasah secara baik dapat dilakukan dengan mengefektifkan manajemen pembelajaran, mengkondusifkan iklim organisasi sekolah dan mengoftimalkan kepemimpinan kepala sekolah. Kata kunci: iklim organisasi sekolah; kepeminpinan kepala sekolah; manajemen pembelajaran; kinerja guru.Downloads
Published
2017-02-26
How to Cite
Haryani, E. (2017). Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran untuk Mewujudkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan UNIGA, 11(1), 77–87. https://doi.org/10.52434/jp.v11i1.89
Issue
Section
Jurnal Pendidikan UNIGA