Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Guru dalam Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v11i1.88Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi guru untuk mewujudkan efektivitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan studi dukumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Adapun populasi dan sekaligus menjadi responden dalam penelitian ini adalah guru SMK Plus Qurrota A’yun Samarang, Kabupaten Garut sebanyak 68 orang. Hasil pembahasan menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif secara signifikan terhadap kompetensi guru untuk mewujudkan efektivitas pembelajaran. Adapun kesimpulan dari pembahasan ini bahwa efektivitas pembelajaran dapat berjalan dengan baik dapat dilakukan dengan penerapan kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru. Kata kunci: efektivitas pembelajaran; kepemimpinan kepala sekolah; kompetensi guruUnduhan
Diterbitkan
2017-02-26
Cara Mengutip
Taufik Banani, M. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Guru dalam Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan UNIGA, 11(1), 67–76. https://doi.org/10.52434/jp.v11i1.88
Terbitan
Bagian
Jurnal Pendidikan UNIGA