Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Penghayatan Guru dalam Etika Profesi Untuk Mewujudkan produktivitas Kerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v11i1.87Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap penghayatan guru dalam etika profesi untuk mewujudkan produktivitas kerja guru. Metodologi yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis desrkiftif dengan teknik survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket, wawancara, observasi, dan studi dukumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Lokasi penelitian ialah SMP IT di Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut dengan jumlah responden 50 orang. Hasil kajian dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara positif terhadap penghayatan guru dalam etika profesi untuk mewujudkan produktivitas kerja guru. Dengan kata lain untuk produktivitas keja guru maka kepemimpinan kepala sekolah dan penghayatan guru dalam etika profesi harus ditingkatkan pula. Kata kunci: etika profesi; kepemimpinan kepala sekolah; produktivitas kerja guruDownloads
Published
2017-02-26
How to Cite
Nursaidah, I. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Penghayatan Guru dalam Etika Profesi Untuk Mewujudkan produktivitas Kerja Guru. Jurnal Pendidikan UNIGA, 11(1), 58–66. https://doi.org/10.52434/jp.v11i1.87
Issue
Section
Jurnal Pendidikan UNIGA