Pembelajaran Pemecahan Masalah dengan Media Interaktif Model Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.824Abstract
Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran di kelas dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMK. Salah satu media tersebut adalah media interaktif model tutorial. Dengan media ini siswa lebih bersemangat dalam belajarnya, karena mereka dapat langsung mencari pemecahan masalah matematika yang diberikan oleh gurunya secara interaktif melalui komputer. Hanya dalam pelaksanaannya di kelas, harus dilengkapi dengan sarana yang cukup agar berjalan dengan baikReferences
Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Depdiknas (2006). Permendiknas No. 22 tahun 2006. Jakarta : Depdiknas
Hudoyo, H. (1979). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya : Usaha Nasional
Hudoyo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : JICA IKIP Malang
Ruseffendi (1988). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito
Ruseffendi (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito
Ruseffendi (1998). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang : IKIP Semarang Press
Slavin, R. E. (1997). Cooperative Learning Theory, Research and Practise (Second Edition). Massachusetts : Allyin and Bacon Publishers.
Soedjadi, R. (1992). Simplikasi Beberapa Konsep dalam Matematika untuk Matematika Sekolah dan Dampaknya. (Suatu analisis Komparatif). Surabaya : IKIP Surabaya
Soedjadi, R. (1999). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Depdiknas
Sudjana (1996). Metode Statistika. Bandung : Tarsito
Sudjimat, D. A. (1996). Pembelajaran Pemecahan Masalah : Tinjauan Singkat Berdasar Teori Kognitif. Jurnal Pendidikan Humaniora dan Sains. Malang : IKIP Malang
Suherman, E. dan Sukjaya, Y. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung : Wijayakusumah
Sukasno (2002). Model Pembelajaran Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Trigonometri (Tesis). Bandung : UPI Bandung Tidak diterbitkan
Sumarmo, U. (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Guru dan Siswa SMA di Kodya Bandung. Laporan Penelitian IKIP Bandung : Tidak diterbitkan
Suparno, P. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) : Pemantauan dan Evaluasi.. Yogyakarta : Dirjendikti Depdikbud
Sutiarso (2000). Problem Posing : Strategi Efektif Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Siswa. Prosiding konferensi Nasional Matematika X. Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia. Bandung : Institut Teknologi Bandung
Suwarkono (2004). Penilaian Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2004 (Makalah). Jakarta : LPMP DKI Jakarta
Wheatley, G. H. (1991). Mathematics Learning. Journal Constructivist Perspective on Science and of Science Education. Disertasi PPS IKIP Bandung : tidak diterbitkan
Winkel, Ws. (1991). Psikologi Pendidikan & Evaluasi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia