Pembelajaran Pemecahan Masalah dengan Media Interaktif Model Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X

Asep Kurnia

Abstrak


Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran di kelas dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMK. Salah satu media tersebut adalah media interaktif model tutorial. Dengan media ini siswa lebih bersemangat dalam belajarnya, karena mereka dapat langsung mencari pemecahan masalah matematika yang diberikan oleh gurunya secara interaktif melalui komputer. Hanya dalam pelaksanaannya di kelas, harus dilengkapi dengan sarana yang cukup agar berjalan dengan baik

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Depdiknas (2006). Permendiknas No. 22 tahun 2006. Jakarta : Depdiknas

Hudoyo, H. (1979). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya : Usaha Nasional

Hudoyo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : JICA IKIP Malang

Ruseffendi (1988). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito

Ruseffendi (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito

Ruseffendi (1998). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang : IKIP Semarang Press

Slavin, R. E. (1997). Cooperative Learning Theory, Research and Practise (Second Edition). Massachusetts : Allyin and Bacon Publishers.

Soedjadi, R. (1992). Simplikasi Beberapa Konsep dalam Matematika untuk Matematika Sekolah dan Dampaknya. (Suatu analisis Komparatif). Surabaya : IKIP Surabaya

Soedjadi, R. (1999). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Depdiknas

Sudjana (1996). Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sudjimat, D. A. (1996). Pembelajaran Pemecahan Masalah : Tinjauan Singkat Berdasar Teori Kognitif. Jurnal Pendidikan Humaniora dan Sains. Malang : IKIP Malang

Suherman, E. dan Sukjaya, Y. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung : Wijayakusumah

Sukasno (2002). Model Pembelajaran Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Trigonometri (Tesis). Bandung : UPI Bandung Tidak diterbitkan

Sumarmo, U. (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Guru dan Siswa SMA di Kodya Bandung. Laporan Penelitian IKIP Bandung : Tidak diterbitkan

Suparno, P. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) : Pemantauan dan Evaluasi.. Yogyakarta : Dirjendikti Depdikbud

Sutiarso (2000). Problem Posing : Strategi Efektif Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Siswa. Prosiding konferensi Nasional Matematika X. Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia. Bandung : Institut Teknologi Bandung

Suwarkono (2004). Penilaian Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2004 (Makalah). Jakarta : LPMP DKI Jakarta

Wheatley, G. H. (1991). Mathematics Learning. Journal Constructivist Perspective on Science and of Science Education. Disertasi PPS IKIP Bandung : tidak diterbitkan

Winkel, Ws. (1991). Psikologi Pendidikan & Evaluasi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v13i1.824

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : [email protected]

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

   

Supported by:

 

Tools

  

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.