Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD

Authors

  • Ani Yanti Ginanjar

DOI:

https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.822

Abstract

Guru menyadari bahwa matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang kurang diminati, ditakuti, dan dihindari oleh sebagian besar siswa. Berbagai alternatif digunakan oleh guru dalam pembelajaran matematika baik pendekatan matematika atau juga metode yang digunakan sehingga siswa dapat menguasai konsep matematika dan dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah. Tujuan pembuatan artikel ini adalah mendeskripsikan pentingnya penguasaan konsep-konsep matematika dalam pemecahan masalah matematika SD. Penguasaan konsep matematika ini sebagai dasar untuk dapat menyelesaikan soal-soal matematika yang berpikir tingkat tinggi. Dalam pendidikan dasar siswa diarahkan untuk memiliki kemampuan kognitif yaitu menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) bahkan mengkreasi (C6). Kemampuan-kemampuan ini berkaitan sekali dengan banyak soal-soal yang mengarah ke pemecahan masalah matematika. Sehingga guru melatih siswa untuk dapat menyelesaikan soal-soal masalah matematika, dimana siswa harus memiliki kemampuan penguasaan konsep matematika

References

AME (2009). Mathematical Problem Solving. Singapore

Krulik, Stephen dan Rudnick, Jesse A. (1995). The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Boston : Temple University.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika. Bandung : PT Remaja. Rosdakarya.

Holmes, Emma E.(1995). New Directions in Elementary School Mathematics-Interactive Teaching and Learning. New Yersey: A Simon and Schuster Company.

Hudojo. Herman (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : Proyek. Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Dirjendikti.

Marsound, D. (2005). Improving Math Education in Elementary School : A Short Book for Teachers. Oregon : University of Oregon. [online]. Tersedia http://darkwing.uoregon.edu/.../ElMath.pdf

NCTM (1989). Problem Solving in School Mathematics. Virginia :NCTM.

Nasution, S. 1982. Teknologi Pendidikan. Bandung: Jemmars

Uno. Hamzah B. 2006. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. ALFABETA

Tim Super Math (2007). 18 Strategi Pemecahan Masalah Matematika SD. Surabaya : Literatur (Yayasan Peduli Matematika)

Published

2019-10-10

How to Cite

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.822

Issue

Section

Jurnal Pendidikan UNIGA