UPAYA KYAI DALAM MENERAPKAN PUNISHMENT PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PESANTREN (Penelitian di Pondok Pesantren Darussalam Garut)

Ernawati .

Abstrak


Secara teoritik upaya penerapan punishment pendidikan dimaksudkan untuk mendisiplinkan siswa dalam melaksanakan peraturan yang ada, yang merupakan tatatertib atau kedisiplinan bagi santri. Namun di sisi lain terdapat santri yang belum disiplin dalam melaksanakannya. Dari fenomena tersebut timbul suatu permasalahan yang berkaitan dengan bagaimana upaya kyai dalam menerapkan punishment pendidikan sebagai motivasi belajar santri di pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kyai dalam menerapkan punishment pendidikan, untuk mengetahui motivasi belajar santri, dan untuk mengetahui hubungan antara keduanya . Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Sedangkan pengolahan data dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pendekatan logika dan statistik.
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa realitas upaya menerapkan punishment pendidikan berkategoricukup, dengan hasil perolehan nilai parsial 3,26 dan prosentase rata-rata sebesar 95,1%. Sedangkan realitas motivasi belajar santri termasuk sangat tinggi dengan hasil perolehan nilai parsial 4,2 dan prosentase ratarata sebesar 122,2%. Jadi, hubungan antara keduanya termasuk kategori sedang dengan nilai indeks koefisien 0.284. Begitu pula hasil analisis uji signifikansi korelasi menunjukkan bahwa ttabel lebih besar dari thitung yaitu 2,05 > -9,25. Adapun besar pengaruh variabel X dengan variabel Y sebesar 15% hal ini berarti 85% lagi dipengaruhi oleh faktor lain yang turut mempengaruhi motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Darussalam Garut.

Kata Kunci: Kyai, Punishment Pendidikan, Motivasi Belajar, Santri, Pesantren

Teks Lengkap:

Download (PDF)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v6i1.50

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : [email protected]

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

   

Supported by:

 

Tools

  

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.