Upaya Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan Untuk Menanamkan Kedisiplinan Siswa Di Mi Islamiyah Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpu.v19i1.42732Abstract
Abstrak
Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam membentuk kepribadian dan moral siswa, terutama di tengah tantangan globalisasi dan era digital. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana kegiatan keagamaan di MI Islamiyah Palangka Raya dimanfaatkan sebagai sarana untuk menanamkan nilai kedisiplinan kepada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kegiatan keagamaan seperti sholat Dhuha berjamaah, pembacaan doa sebelum dan sesudah belajar, serta pembacaan dan hafalan surah pendek secara rutin telah berhasil membentuk kedisiplinan siswa dalam berbagai aspek. Selain menumbuhkan karakter religius, kegiatan ini juga melatih siswa untuk tepat waktu, bertanggung jawab, dan mematuhi aturan yang berlaku. Dukungan guru sebagai teladan dan penerapan strategi seperti kartu target hafalan turut memperkuat proses pembentukan karakter. Maka pendekatan berbasis nilai keagamaan terbukti efektif dalam membina kedisiplinan siswa dan menjadi solusi strategis dalam pendidikan karakter di tingkat dasar.
Kata Kunci: Kegiatan Keagamaan, Kedisiplinan, Pendidikan karakter