Efektivitas Teori Belajar Kognitif Melalui Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • N. Cucu Anisa Rahayu Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpu.v19i1.42508

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan strategi pembelajaran berupa peta pikiran, dimana teori ini berlandaskan teori belajar kognitif dalam upaya meningkatkan pemahaan konsep matematika siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penemuan sebuah metode pembelajaran yang dinilai efektif untuk membantu siswa memahami konsep matematika yang sering kali pembelajaran matematika dianggap sulit. Penelitian ini meibatkan 26 siswa kelas V yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan di sebuah Sekolah Dasar sebagai partisipan. Data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa metode, termasuk observasi partisipan selama proses pembelajaran serta analisis dokumen berupa hasil pekerjaan siswa seperti lembar kerja siswa dan tes pemahaman konsep (post-test). Analisis data dalam mini riset ini dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif dengan focus pada keadaan bagaimana peta pikiran mampu membantu siswa dalam mengorganisir informasi, membangun konseksi antar konsep dan meningkatkan kemampuan mengingat dan memahami konsep matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa peta pikiran dapat memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa meskipun Tingkat efektivitasnya bervariasi antar individu. Terdapat beberapa siswa mengalami peningkatan signifikan, namun terdapat pula siswa yang menunjukan peningkatan yang lebih bersifat moderat. Temuan ini memberikan implikasi yang penting bagi guru dalam merancang dan menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dan diharapkan dapat mengakomodasi perbedaan gaya belajar siswa. Penelitian ini menyoroti pentingnya penggunaan strategi visual dan aktif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan dalam pemecahan masalah. Perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan skala yang lebih besar dan juga melibatkan variabel kontrol yang lebih banyak untuk menguatkan temuan ini.

 

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Teori Belajar Kognitif, Peta Pikiran, Pemahaman Konsep Matematika

Published

2025-06-30

How to Cite

Anisa Rahayu, N. C. (2025). Efektivitas Teori Belajar Kognitif Melalui Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 19(1), 98–106. https://doi.org/10.52434/jpu.v19i1.42508

Issue

Section

Jurnal Pendidikan UNIGA