Pemanfaatan Teknologi Learning Analytics Dalam Mendeteksi Pola Belajar Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Smk Negeri 1 Kabupaten Sorong

Authors

  • Novel Adil Dwijaksana PJJ Informatika, Universitas Amikom Yogyakarta
  • Alva Hendi Muhammad PJJ Informatika, Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpu.v19i1.42480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan teknologi Learning Analytics dalam mendeteksi pola belajar siswa guna meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 1 Kabupaten Sorong. Tiga pendekatan analisis digunakan: K-Means Clustering untuk mengelompokkan siswa berdasarkan performa akademik, Decision Tree untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang memengaruhi hasil belajar, serta Multiple Linear Regression untuk memprediksi capaian akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksploratif Data yang dianalisis mencakup kehadiran, nilai tugas, dan partisipasi dalam kelas pada pembelajaran luring. Hasil clustering menunjukkan adanya tiga klaster siswa: performa tinggi, sedang, dan rendah. Decision Tree mengungkap bahwa kehadiran dan partisipasi aktif merupakan indikator utama dalam menentukan performa akademik. Sementara itu, model regresi menghasilkan nilai R-squared sebesar 0,76, yang menunjukkan bahwa variabel kehadiran dan nilai tugas memiliki pengaruh signifikan terhadap capaian belajar. Temuan ini memperkuat bukti bahwa pendekatan Learning Analytics mampu memberikan rekomendasi pembelajaran yang lebih cepat, akurat, dan personal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengambilan keputusan pembelajaran berbasis data dan mendukung guru dalam merancang strategi pengajaran yang adaptif dan efektif.

Kata-kata Kunci: Learning Analytics, K-Means Clustering, Decision Tree, Multiple Linear Regression, Pembelajaran Luring

Published

2025-06-30

How to Cite

Novel Adil Dwijaksana, & Alva Hendi Muhammad. (2025). Pemanfaatan Teknologi Learning Analytics Dalam Mendeteksi Pola Belajar Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Smk Negeri 1 Kabupaten Sorong. Jurnal Pendidikan UNIGA, 19(1), 122–128. https://doi.org/10.52434/jpu.v19i1.42480

Issue

Section

Jurnal Pendidikan UNIGA