Pengaruh Piket Kelas Terhadap Karakter Tanggung Jawab dan Peduli Kebersihan Siswa Kelas 3 SDN Kedungpane 02
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpu.v19i1.42419Abstract
Piket kelas merupakan strategi pembiasaan yang diterapkan di jenjang sekolah dasar sebagai bagian dari pendidikan karakter siswa. Pembiasaan piket kelas setiap hari dapat membangun karakter rasa tanggung jawab dan peduli kebersihan kelas supaya pembelajaran dapat berlangsung dengan nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh piket kelas terhadap karakter tanggung jawab dan peduli kebersihan pada siswa kelas 3 SD Negeri Kedungpane 02 Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket. Hasil analisis regresi linier sederhana pertama diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 atau sig < 0.05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya variabel x berpengaruh terhadap variabel y1. Demikian juga dengan hasil analisis regresi linier sederhana kedua diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 atau sig < 0.05 artinya variabel x berpengaruh terhadap variabel y2. Dari perhitungan koefisien regresi linier sederhana menunjukkan nilai koefisien sebesar 0,451 pada y1 dan 0,549 pada y2 yang artinya kegiatan piket memiliki hubungan positif dengan karakter tanggung jawab dan peduli kebersihan. Berdasarkan uji General Linear Model Multivariate menggunakan SPSS 26, diperoleh nilai hitung signifikansi dari masing-masing variabel y1 dan y2 adalah sebesar 0,000 yang artinya kedua Sig<0,05 sehingga H0 ditolak dan diterima Ha artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara piket kelas terhadap karakter tanggung jawab dan peduli kebersihan.
Kata-kata Kunci : Piket Kelas, Tanggung Jawab, Peduli Kebersihan
 
                                                 
							1.png) Download Journal Template
Download Journal Template











