Strategi Evaluasi Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Kasus Di Tk Yaa Bunayya)

Authors

  • Enok Dini Nuraini Jurnal Pendidikan Garut
  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ai Nurjanah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ainun Najib Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpu.v19i1.42401

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan secara mendalam pendekatan yang diterapkan oleh guru PAUD dalam mendukung perkembangan keterampilan sosial-emosional anak usia 4 sampai 6 tahun. Subjek utama dalam penelitian ini adalah Ibu Khoidatul Hasanah, seorang pendidik PAUD berpengalaman lebih dari 15 tahun, yang menaruh perhatian besar pada pentingnya aspek sosial emosional dalam pendidikan anak usia dini. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah wawancara kualitatif deskriptif sebagai teknik pengumpulan data utama. Temuan penelitian mengungkap bahwa guru menyusun indikator perkembangan sosial mencakup enam dimensi utama: moral dan keagamaan, sosial-emosional, kognitif, bahasa, seni, serta motorik. Dalam pelaksanaannya, guru menggunakan alat observasi harian, mingguan, dan bulanan yang berpedoman pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) untuk menilai kemampuan sosial anak. Untuk membentuk karakter positif, guru memanfaatkan metode keteladanan, aktivitas bermain bersama, serta media visual seperti buku cerita bergambar. Selain itu, peran orang tua dianggap krusial dalam proses evaluasi. Oleh sebab itu, guru menyelenggarakan kegiatan parenting guna memperkuat sinergi antara lingkungan rumah dan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini, strategi serupa dapat diadaptasi secara lebih luas di berbagai lembaga PAUD lainnya.

 

Kata-kata Kunci : Perkembangan Sosial-Emosional, Guru PAUD, Strategi Pembelajaran, Keterampilan Sosial

 

Published

2025-06-30

How to Cite

Dini Nuraini, E., Risbon Sianturi, Ai Nurjanah, & Ainun Najib. (2025). Strategi Evaluasi Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Kasus Di Tk Yaa Bunayya). Jurnal Pendidikan UNIGA, 19(1), 57–62. https://doi.org/10.52434/jpu.v19i1.42401

Issue

Section

Jurnal Pendidikan UNIGA

Most read articles by the same author(s)