Strategi Evaluasi Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Kasus Di Tk Yaa Bunayya)
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpu.v19i1.42401Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan secara mendalam pendekatan yang diterapkan oleh guru PAUD dalam mendukung perkembangan keterampilan sosial-emosional anak usia 4 sampai 6 tahun. Subjek utama dalam penelitian ini adalah Ibu Khoidatul Hasanah, seorang pendidik PAUD berpengalaman lebih dari 15 tahun, yang menaruh perhatian besar pada pentingnya aspek sosial emosional dalam pendidikan anak usia dini. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah wawancara kualitatif deskriptif sebagai teknik pengumpulan data utama. Temuan penelitian mengungkap bahwa guru menyusun indikator perkembangan sosial mencakup enam dimensi utama: moral dan keagamaan, sosial-emosional, kognitif, bahasa, seni, serta motorik. Dalam pelaksanaannya, guru menggunakan alat observasi harian, mingguan, dan bulanan yang berpedoman pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) untuk menilai kemampuan sosial anak. Untuk membentuk karakter positif, guru memanfaatkan metode keteladanan, aktivitas bermain bersama, serta media visual seperti buku cerita bergambar. Selain itu, peran orang tua dianggap krusial dalam proses evaluasi. Oleh sebab itu, guru menyelenggarakan kegiatan parenting guna memperkuat sinergi antara lingkungan rumah dan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini, strategi serupa dapat diadaptasi secara lebih luas di berbagai lembaga PAUD lainnya.
Kata-kata Kunci : Perkembangan Sosial-Emosional, Guru PAUD, Strategi Pembelajaran, Keterampilan Sosial