Implementasi Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri Banjaran 1 Kota Kediri

Authors

  • Maulina Dwi Ristanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Encil Puspitoningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Siti Karimatussalamah Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpu.v19i1.42331

Abstract

Kurangnya variasi dalam pembelajaran menyebabkan rendahnya semangat dan motivasi belajar siswa. Untuk mengatasi hal ini, peneliti menerapkan media pembelajaran Wordwall dengan tujuan meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Banjaran I Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Wordwall berdampak positif, terbukti dengan peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I, 46% siswa berada pada kategori tinggi, dan meningkat menjadi 73% pada kategori sangat tinggi di siklus II. Kesimpulannya, penggunaan media Wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Banjaran I Kota Kediri.

 

Kata-kata Kunci: Wordwall, Bahasa Indonesia, Hasil Belajar

Published

2025-06-30

How to Cite

Maulina Dwi Ristanti, Encil Puspitoningrum, & Siti Karimatussalamah. (2025). Implementasi Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri Banjaran 1 Kota Kediri. Jurnal Pendidikan UNIGA, 19(1), 73–83. https://doi.org/10.52434/jpu.v19i1.42331

Issue

Section

Jurnal Pendidikan UNIGA