Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mu-Tu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 1 Haji Pemanggilan Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpu.v19i1.42089Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru,
dan partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 1 Haji
Pemanggilan, Lampung Tengah. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan
untuk mengungkap dinamika ketiga elemen tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kepemimpinan kepala sekolah berperan strategis dalam menciptakan lingkungan kerja yang
kondusif dan memotivasi guru melalui berbagai program pengembangan. Profesionalisme guru
terlihat dari penerapan metode pembelajaran kontekstual, meskipun masih terdapat kendala
pada integrasi teknologi. Partisipasi masyarakat, baik secara material maupun non-material,
memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung program sekolah, meskipun dibatasi oleh
kesenjangan ekonomi. Sinergi antara kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, dan
partisipasi masyarakat membentuk ekosistem pendidikan yang mendukung peningkatan mutu
pendidikan. Namun, tantangan berupa keterbatasan anggaran, rendahnya literasi teknologi, dan
pelatihan guru yang kurang aplikatif memerlukan perhatian lebih lanjut. Penelitian ini
merekomendasikan pendekatan strategis yang inklusif dan berkelanjutan untuk mengatasi
kendala tersebut.
Kata-kata Kunci : Kepemimpinan kepala sekolah; profesionalisme guru; partisipasi masyarakat;
mutu pendidikan; pendidikan dasar.