Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas 4 SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya
The Influence of Problem Based Learning (PBL) Learning Model on the Science Learning Outcomes of Grade 4 Students of SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpu.v19i1.42041Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPAS siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengathuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 4 SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya. Latar belakang penelitian ini berawal dari rendahnya capaian hasil belajar IPAS di tingkat sekolah dasar secara nasional dan perlunya inovasi dalam metode pembelajaran. Dengan pendekatan quasi-eksperimen, penelitian ini melibatkan dua kelompok sampel, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing terdiri dari 26 siswa. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest serta dianalisis menggunakan uji statistik untuk melihat perbedaan hasil belajar antar dua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada aspek pemahaman konsep, aplikasi pengetahuan, dan keterampilan pemecahan masalah. Temuan ini memperkuat relevansi penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam implementasi Kurikulum Merdeka untuk mendukung pembelajaran tematik yang inovatif. Penelitisn ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dan institusi pendidikan dalam merancang pembelajaran yang lebih efektif dan berpusat pada siswa.
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar IPAS, Kelas 4, SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya
Download Journal Template









