Manajemen Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di TK Islam Plus Cilawu Garut Jawa Barat

Elis Rohmah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai manajemen penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan di TK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Maksudnya adalah suatu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan dilaksanakan melalui perencanaan tahunan, semester, dan rencana kegiatan mingguan yang mengintegrasikan antara kemampuan yang hendak dicapai dengan kemampuan lain terutama keagamaan. Pelaksanaan penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan mengacu pada kurikulum nasional dengan tambahan materi agama Islam. Adapun evaluasi yang dilakukan dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan dilaksanakan melaui aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik dari awal kegiatan hingga akhir kegiatan.

Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Pendidikan


Teks Lengkap:

PDF (DOWNLOAD)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v18i1.4028

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.