Manajemen Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di TK Islam Plus Cilawu Garut Jawa Barat

Authors

  • Elis Rohmah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpu.v18i1.4028

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai manajemen penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan di TK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Maksudnya adalah suatu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan dilaksanakan melalui perencanaan tahunan, semester, dan rencana kegiatan mingguan yang mengintegrasikan antara kemampuan yang hendak dicapai dengan kemampuan lain terutama keagamaan. Pelaksanaan penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan mengacu pada kurikulum nasional dengan tambahan materi agama Islam. Adapun evaluasi yang dilakukan dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan dilaksanakan melaui aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik dari awal kegiatan hingga akhir kegiatan.

Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Pendidikan

Published

2024-06-30

How to Cite

Rohmah, E. (2024). Manajemen Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di TK Islam Plus Cilawu Garut Jawa Barat. Jurnal Pendidikan UNIGA, 18(1), 1–14. https://doi.org/10.52434/jpu.v18i1.4028

Issue

Section

Jurnal Pendidikan UNIGA