OPTIMALISASI PENGAJARAN AKHLAK SEBAGAI UPAYA MENCAPAI KUALITAS PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER (PENELITIAN DI MAN 2 GARUT)
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v5i1.39Abstract
Pengajaran akhlak dan pengajaran agama di dalamnya secara khusus merupakan bagian dari pendidikan bangsa untuk menghasilkan sebuah bangsa yang berkarakter. Maka untuk mewujudkan pendidikan berbasis karakter perlu mengoptimalkan setiap pengajaran khususnya pengajaran akhlak. Mengoptimalkan pengajaran akhlak dapat membangun dan membentuk karakter bangsa dengan penanaman nilai-nilai kepada siswa yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan YME, diri sendiri, sesama, lingkungan hidup dalam upaya menjaga keseimbangan alam sehingga menjadi manusia insan kamil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan kendala dalam mengoptimalisasikan pengajaran akhlak di MAN 2 Garut serta untuk mengetahui dampak optimalisasi pengajaran akhlak sebagai upaya mencapai kualitas pendidikan berbasis karakter. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menekankan pada quality atau hal yang terpenting dari sifat suatu barang atau jasa berupa kejadian/ fenomena/ gejala sosial dan makna dibalik kejadian yang dapat dijadikan pelajaran berharga bagi suatu pengembangan konsep teori. Dari hasil penelitian di MAN 2 Garut tersebut bahwa proses optimalisasi pengajaran akhlak perlu memperhatikan beberapa hal dari mulai tujuan yang hendak dicapai sampai penggunaan sebuah metode. Yang mana pada proses tersebut mengalami kendala yang bisa timbul dari keluarga, sekolah dan lingkungan. Sehingga dari proses dan kendala tersebut timbul dampak dengan adanya perubahan prilaku pada siswa MAN 2 Garut, bisa membedakan mana yang baik dan buruk. Adanya program kegiatan pengembangan diri dan program kegiatan pembiasaan secara rutin, spontan dan keteladanan yang diarahkan untuk pengembangan karakter peserta didik yang ditujukan untuk mengatasi persoalan dirinya sendiri, persoalan masyarakat di lingkungan sekitarnya dan persoalan kebangsaan. Kata Kunci: Optimalisasi, Pengajaran Akhlak, Kualitas Pendidikan, KarakterDownloads
Published
2017-02-20
How to Cite
Ruhaningsih, D. (2017). OPTIMALISASI PENGAJARAN AKHLAK SEBAGAI UPAYA MENCAPAI KUALITAS PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER (PENELITIAN DI MAN 2 GARUT). Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 14–29. https://doi.org/10.52434/jp.v5i1.39
Issue
Section
Jurnal Pendidikan UNIGA