Penerapan Teori Kognitif Sosial Olahraga di Sekolah SMA VIP Alhuda Kebumen 2024
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpu.v18i1.3845Abstract
Teori kognitif sosial digunakan untuk mengenal, memprediksi perilaku dan mengidentifikasi metode-metode yang tepat untuk mengubah perilaku. Pembelajaran kognitif menurut teori kognitif teori kognitif sosial (social cognitive theory) yang dikemukakan oleh Albert Bandura menyatakan bahwa faktor sosial dan kognitif serta factor pelaku memainkan peran penting dalam pembelajaran. Berdasarkan bidang studi psikologi sosial, teori ini memeiliki efek pada proses motivasional yang kuat dalam pemahaman tentang efek pengaruh bagi anak-anak maupun orang dewasa. Proses-proses motivasional membahas tujuan motivasi, harapan akan hasil motivasi dan nilai-nilai yang terkandung dalam motivasi. Motivasi belajar berkaitan erat dengan prinsip bahwa perilaku yang memperoleh penguatan (reinforcement) di masa lalu lebih memiliki kemungkinan diulang dibandingkan dengan perilaku yang tidak memperoleh penguatan atau perilaku yang terkena hukuman (punishment). Dalam motivasi belajar, penganut teori motivasional menimbulkan tingkat persistensi dan entusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik). Peran motivasi dalam proses pembelajaran, dapat dianalogikan sebagai penggerak belajar yang memadai yang mendorong siswa berperilaku aktif untuk berprestasi pembelajaran.Downloads
Published
2024-06-30
How to Cite
Mudayat, M., & M. Mualip, M. (2024). Penerapan Teori Kognitif Sosial Olahraga di Sekolah SMA VIP Alhuda Kebumen 2024. Jurnal Pendidikan UNIGA, 18(1), 93–108. https://doi.org/10.52434/jpu.v18i1.3845
Issue
Section
Jurnal Pendidikan UNIGA