PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH (Penelitian di MA Hidayatul Faizien Bayongbong)
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v4i1.37Abstrak
Berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pembelajaran bergantung pada proses belajar yang dialami siswa. Untuk itu, pendekatan pembelajaran adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan pendidik. Salah satu pendekatan tersebut adalah pendekatan Inquiry, yaitu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses mencari dan menemukan oleh siswa sendiri dan peran guru hanya sebagai pembimbing dan fasilitator dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Realitas penerapan model pembelajaran inquiry di MA Hidayatul Faizien Bayongbong Kabupaten Garut, bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh serta bagaimana realitas pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif analisis. Adapun tehnik pengumpulan datanya meliputi observasi dan angket, sedangkan pengolahan data dilakukan dengan pendekatan statistik. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) Realitas penerapan model inquiry di MA Hidayatul Faizien Bayongbong termasuk kualifikasi tinggi, hal ini ditunjukan oleh rata-rata 3,4. Angka tersebut berada pada interval nilai 3,4 – 4,1. (2) Realitas prestasi siswa pada mata pelajaran Fiqh termasuk kualifikasi baik, hal ini ditunjukan oleh rata-rata 71,3. Angka tersebut berada pada interval nilai 66 - 79. (3) Pengaruh Penerapan Model Inquiry Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh di MA Hidayatul Faizien Bayongbong ditunjukan oleh adanya: a) Koefesien korelasinya termasuk pada kualifikasi sedang, yaitu dengan skor 0,45 (interval 0,40 – 0,50). b) Hipotesis Nol ditolak, berdasarkan thitung sebesar 3,21, sedangkan ttabel sebesar 2,02. c) Penerapan Model Inquiry memiliki pengaruh sebesar 20% terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh, sedangkan sisanya 80% lagi dipengaruhi faktor-faktor lain diluar variabel penelitian. Kata kunci : Model Pembelajaran, Inquiry Prestasi Belajar Pelajaran FiqhUnduhan
Diterbitkan
2017-02-20
Cara Mengutip
Muhadab, A. (2017). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH (Penelitian di MA Hidayatul Faizien Bayongbong). Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.52434/jp.v4i1.37
Terbitan
Bagian
Jurnal Pendidikan UNIGA