PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN PAI DENGAN MATERI SHOLAT (Penelitian Di SDN Kersamenak II Tarogong Kidul)
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v4i1.33Abstrak
Salah satu unsur yang dapat menentukan keberhasilan suatu pendidikan adalah bagaimana proses pembelajaran itu berlangsung, termasuk di dalamnya proses pembelajaran PAI. Dalam pembelajaran PAI, terutama di kelas 3, banyak hal atau faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa dan hal-hal yang sering menghambat untuk tercapainya tujuan belajar. Karena pada dasarnya setiap anak tidak sama cara belajarnya, demikian pula dalam memahami konsep-konsep abstrak. Melalui tingkat belajar yang berbeda antara satu dengan yang lainnya maka guru yang baik adalah guru yang mampu mengajar dengan benar dan disertai dengan menggunakan metode yang cocok, khususnya pada saat menanamkan konsep baru. Salah satu metode pembelajaran yang diharapkan mampu memberikan bantuan pemecahan masalah dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan sistem pembelajaran yang menggunakan metode demonstrasi khususnya pada bidang studi PAI dengan materi sholat. Metode demonstrasi adalah metode mengajar yang menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukan secara langsung objeknya atau caranya melakukan sesuatu untuk mempertunjukan proses tertentu. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi di kelas 3 pada mata pelajaran PAI dengan materi sholat di SDN Kersamenak II Tarogong Kidul, Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran PAI dengan materi sholat di SDN Kersamenak II Tarogong Kidul, Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap peningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran PAI dengan materi sholat di SDN Kersamenak II Tarogong Kidul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.Metode deskriptif kuantitatif adalah suatu metode yang diperuntukan di dalam penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah pada masa sekarang dengan menggunakan hitungan statistik.Penelitian deskriptif kuantitatif digunakan dalam rangka memberi gambaran yang lebih jelas tentang situasi-situasi sosial, terutama yang sedang berlangsung di SDN Kersamenak II Tarogong kidul – Garut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode demonstrasi terhadap peningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran PAI dengan materi sholat di SDN Kersamenak II Tarogong Kidul – Garut, dilihat dari indicator dan analisis parsial menunjukkan intensitas dan pengaruh yang tinggi, yaitu dengan nilai rata-rata 37.05.yang dihasilkan dari uji statistik dan nilai tersebut berada dalam interval 35 – 42.Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan materi sholat di SDN Kersamenak II Tarogong Kidul – Garut menunjukkan intensitasnya tinggi, dengan nilai rata-rata 37.68.yang dihasilkan dari uji statistik dan nilai tersebut berada dalam interval 35 – 42.Adapun penerapan metode demonstrasi memiliki pengaruh sebesar 60.81 terhadap hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran PAI dengan materi Sholat dan masih ada sisanya 39,19 yang turut mempengaruhi hasil belajar siswa kelas 3 di SDN Kersamenak II Tarogong Kidul – Garut Kata kunci : Metode, Demonstrasi, Hasil Belajar , Materi SholatUnduhan
Diterbitkan
2017-02-20
Cara Mengutip
Evandari Analia, R. (2017). PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN PAI DENGAN MATERI SHOLAT (Penelitian Di SDN Kersamenak II Tarogong Kidul). Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 32–38. https://doi.org/10.52434/jp.v4i1.33
Terbitan
Bagian
Jurnal Pendidikan UNIGA