Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Pembinaan Guru terhadap Disiplin Kerja dalam Mewujudkan Mutu Pelayanan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v11i1.28Abstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh pelaksanaan kebijakan pembinaan guru terhadap disiplin kerja dalam mewujudkan mutu pelayanan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan teknik survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Lokasi penelitian adalah di MTs se- Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, dengan jumlah responden sebanyak 62 orang. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan pembinaan guru berpengaruh positif secara signifikan terhadap disiplin kerja dalam mewujudkan mutu pelayanan pendidikan. Adapun pengujian pada sub-sub hipotesis menunjukan bahwa pelaksanaan kebijakan pembinaan guru memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap disiplin kerja guru. Pelaksanaan kebijakan pembinaan guru memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung secara positif dan signifikan terhadap mutu pelayanan pendidikan. Disiplin kerja memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap mutu pelayanan pendidikan. Penelitian ini berkesimpulan bahwa untuk meningkatkan disiplin kerja dan mutu pelayanan pendidikan, dapat dilakukan dengan meningkatkan pelaksanaan kebijakan pembinaan guru. Kata kunci: disiplin, guru, kebijakan, pembinaan, pelayananDownloads
Published
2017-02-19
How to Cite
Mustika, P. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Pembinaan Guru terhadap Disiplin Kerja dalam Mewujudkan Mutu Pelayanan Pendidikan. Jurnal Pendidikan UNIGA, 11(1), 50–57. https://doi.org/10.52434/jp.v11i1.28
Issue
Section
Jurnal Pendidikan UNIGA