Penggunaan Model Pembelajaan Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Respon Belajar Siswa Kelas III SD Pada Materi Energi Alternatif

Ainun Ucu Lestari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan respon belajar siswa kelas III SD pada sub tema energi alternatif melalui penerapan model project based leraning (Pjbl). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) dengan pendekatan dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan Tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 065 Cihampelas Bandung yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan respon belajar siswa dari pra siklus sampai siklus II. Hasil pra siklus memperoleh hasil 56% dengan kategori rendah, siklus I 68,3% dengan kategori sedang , sedangkan siklus II 85% dengan kategori tinggi. Penelitian tindakan kelas kolaboratif terbukti dapat meningkatkan respon belajar siswa yang dibantu dengan model PJBL.
Kata Kunci : Project based learning (PJBL), respon belajar siswa, energ


Teks Lengkap:

PDF (Download)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i2.2659

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.