Penggunaan Model Pembelajaan Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Respon Belajar Siswa Kelas III SD Pada Materi Energi Alternatif

Authors

  • Ainun Ucu Lestari

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpu.v17i2.2659

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan respon belajar siswa kelas III SD pada sub tema energi alternatif melalui penerapan model project based leraning (Pjbl). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) dengan pendekatan dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan Tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 065 Cihampelas Bandung yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan respon belajar siswa dari pra siklus sampai siklus II. Hasil pra siklus memperoleh hasil 56% dengan kategori rendah, siklus I 68,3% dengan kategori sedang , sedangkan siklus II 85% dengan kategori tinggi. Penelitian tindakan kelas kolaboratif terbukti dapat meningkatkan respon belajar siswa yang dibantu dengan model PJBL.
Kata Kunci : Project based learning (PJBL), respon belajar siswa, energ

Author Biography

Ainun Ucu Lestari

Seorang Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2023 asal Kabupaten garut yang sedang mengenyam pendidikan profesi di Universitas Pendidikan Indonesia

Published

2023-11-30

How to Cite

Lestari, A. U. (2023). Penggunaan Model Pembelajaan Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Respon Belajar Siswa Kelas III SD Pada Materi Energi Alternatif. Jurnal Pendidikan UNIGA, 17(2), 854–863. https://doi.org/10.52434/jpu.v17i2.2659

Issue

Section

Jurnal Pendidikan UNIGA