Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v11i2.162Abstract
Abstract. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pada penggunaan model kontekstual dalam pembelajaran matematika materi pokok keliling dan luas lingkaran sebagai pola pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kasbolah dengan empat siklus. Topik pada tiap siklus pembelajaran disesuaikan dengan materi kelas VI SD sesuai kurikulum yang berlaku. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI semester II SD Negeri 3 Cidolog Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian dengan mengadakan model kontekstual pada pembelajaran matematika menunjukan adanya peningkatan proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat saat siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan senang dalam kelompoknya, begitupula perolehan nilai siswa dalam pembelajaran matematika pada materi keliling dan luas lingkaran mengalami peningkatan. Kata kunci: hasil belajar, matematika, pendekatan kontekstual.Downloads
Published
2017-05-21
How to Cite
Cucu Sukmanah, E. (2017). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan UNIGA, 11(2), 188–195. https://doi.org/10.52434/jp.v11i2.162
Issue
Section
Jurnal Pendidikan UNIGA