Pengaruh Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Pada Pelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19

Nurdin Muhamad, Herdian Ricky

Abstrak


Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran bahwa pendukung pembelajaran secanggih apapun dan sebaik apapun tanpa didukung oleh lingkungan belajar siswa (teman sejawat, guru, orangtua) yang mengarahkan mereka belajar dengan bagus maka hasilnya tidak akan maksimal. Motivasi merupakan kunci keberhasilan proses pembelajaran, karena sejatinya dapat menunmbuh kembangkan nilai-nilai positif yang dibutuhkannya dalam mempelajari pelajaran secara daring khususnya pada mata pelajaran matematika. Adapun siswa SD/MI membutuhkan dorongan dan rangsangan untuk memunculkan keinginan dalam belajar, salah satunya yaitu belajar bersama teman-temannya dengan batasan prokes dari pemerintah. Dengan dasar tersebut kami mencoba menerapkan pola pembelajaran dengan metode kerja kelompok. Untuk metode kami menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, dimana hasinya dapat mengungkapkan dan memecahkan permasalahan yaitu dengan menggambarkan dan memaparkan data sesuai dengan data hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa motivasi belajar pada pelajaran matematika dapat dipengaruhi oleh metode pembelajaran kerja kelompok, dengan tingkat hubungan 0,726 kategori kuat. Adapun besar pengaruh yang didapatkan adalah sebesar 52,71% sedangkan sisanya sebesar 47,29% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Hal tersebut menggambarkan bahwa meskipun belajar dimasa pandemi yang mengharuskan belajar dirumah, kami mencoba membimbing siswa dengan jumlah kelompok kecil (4-5 orang), hasilnya rataan kehadiran, pengumpulan tugas serta keaktifan dalam bertanya pun meningkat.

 


Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Iskandar. (2016). Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslom terhadap peningkatan kinerja pustakawan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan Khizanah Al- Hikmah, hlm 24-34. ISSN: 2354-9629.

Madkori, Yopi (2020). Nadiem Sebut Pendidikan Banyak Berubah Untuk Hadapi Pandemi Covid-19. https://www.liputan6.com/news/read/435468/ nadiem-sebut-pendidikan-banyak-berubah-untuk-hadapi-pandemi-covid-19.html

Majid, Abdul. (2015). Straregi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

Sani, Ridwan Abdullah. (2013). Inovasi Belajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudjana, S. (2010). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Prodution

.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v15i2.1392

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan,Garut University

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : [email protected]

Download Template :

 

Indexed by:

    

Supported by:

     

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016