Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Supervisi Pendidikan Islam terhadap Kinerja Pengawas untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Abdul Kholiq

DOI:

https://doi.org/10.52434/jp.v11i1.127

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah membahas tentang pengaruh Pelaksanaan kebijakan Supervisi Pendidikan Islam terhadap kinerja pengawas dalam menigkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam. Metoda analisis yang digunakan dalam pembahasan topik utama menggunakan model analisis causal efektual dengan meninjau hubungan rasional yang menganalisa hubungan sebab akibat antara pelaksanaan kebijakan supervisi pendidikan Islam dan kinerja pengawas serta kompetensi guru Pendidikan Agama Islam. Lokasi penelitian adalah Kecamatan Cilawu, dengan jumlah responden sebanyak 74 orang. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan supervisi pendidikan Islam berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pengawas dalam rangka meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam. Artikel ini berkesimpulan bahwa untuk penyelenggaraan kebijakan Supervisi Pendidikan Islam secara baik dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam. Kata kunci: Supervisi, Kinerja Pengawas , Kompetensi Guru PAI

Published

2017-03-25

How to Cite

Kholiq, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Supervisi Pendidikan Islam terhadap Kinerja Pengawas untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 11(1), 105–114. https://doi.org/10.52434/jp.v11i1.127

Issue

Section

Jurnal Pendidikan UNIGA