Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Periodisasi Jabatan terhadap Kepemimpian Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru

Authors

  • Imam Mudin

DOI:

https://doi.org/10.52434/jp.v11i1.126

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh pelaksanaan kebijakan Periodisasi jababan terhadap kepemimpinan kepala sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan teknik survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Lokasi penelitian adalah di MTs Darussalam Wanaraja Kabupaten Garut, dengan jumlah responden sebanyak 44 orang. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan periodisasi jabatan berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru. Adapun pengujian pada sub-sub hipotesis menunjukan bahwa pelaksanaan kebijakan Periodisasi jabataan memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap kepemimpinan kepala sekolah, Pelaksanaan kebijakan Periodisasi jabatan memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja guru. Penelitian ini berkesimpulan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru dan mengoptimalkan kepemimpinan kepala sekolah, dapat dilakukan dengan meningkatkan pelaksanaan kebijakan Periodisasi jabatan. Kata kunci: pelaksanaan kebijakan Periodisasi jabatan, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru.

Published

2017-03-25

How to Cite

Mudin, I. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Periodisasi Jabatan terhadap Kepemimpian Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan UNIGA, 11(1), 97–104. https://doi.org/10.52434/jp.v11i1.126

Issue

Section

Jurnal Pendidikan UNIGA